Sukses

5 Tips Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Pernah Coba?

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjaga hubungan dengan orang lain, hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah bagaimana mencintai diri sendiri. Langkah tersebut merupakan bagian dari wujud penghargaan atas diri dan mempelajari diri lebih baik lagi.

Dilansir dari Yourtango, Kamis, 9 Januari 2020, saat bicara cinta, Anda sering berpikir untuk jatuh cinta pada orang lain. Namun yang jauh lebih penting untuk dicintai tidak lain adalah diri sendiri.

Berikut ini lima langkah untuk membantu Anda belajar mencintai diri dan dapat memberi lebih banyak cinta pada orang lain. Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Kenali Diri Sendiri

Sebagian besar dari apa yang kita pikirkan tentang diri kita berasal dari kepercayaan orang lain. Misalnya, membiarkan orang dari masa kecil menanam kepercayaan negatif dalam pikiran kita.

Selain itu, turut membiarkan keyakinan itu tumbuh dan memberi mereka kekuatan untuk menentukan siapa dan bagaimana kita sebagai pribadi. Nah, kini saatnya untuk menyingkirkan batasan-batasan itu karena apa yang orang lain pikirkan dan rasakan tentang Anda tidak menentukan harga diri Anda.

 

2 dari 4 halaman

2. Luangkan Waktu untuk Diri

Membangun rasa cinta pada diri juga dapat dilakukan dengan perawatan diri setiap hari. Pelajari apa yang Anda sukai dan tidak sukai sehingga saat menuangkan cinta pada orang lain, Anda tahu dan yakin apa yang akan atau tidak dilakukan. Meningkatnya kepercayaan diri juga meningkatkan cinta diri.

3. Menerima Kekurangan

Belajar menerima diri sendiri karena tidak ada yang sempurna. Ketika Anda menyadari hal ini dan menahan diri untuk tidak mengkritik diri sendiri, Anda akan menemukan kedamaian.

Anda adalah kritikus terburuk bagi diri sendiri. Mengkritik diri sendiri karena orang lain telah mengkritik Anda. Anda mengkritik orang lain karena alasan yang sama.

Berhentilah melakukan ini untuk diri sendiri. Ketika Anda mendapati diri bersikap negatif atau mengkritik diri sendiri, jangan lupa untuk luangkan cinta sesuai keinginan.

Ulangi pada diri sendiri, "Saya tidak akan mengkritik diri sendiri atau orang lain" lalu katakan sesuatu yang positif kepada diri Anda seperti, "Saya akan mencintai dan menerima kekurangan saya." Afirmasi positif adalah cara yang bagus untuk jatuh cinta pada diri sendiri.

3 dari 4 halaman

4. Bercermin dengan Kata-Kata Positif

Teknik ini mengharuskan Anda untuk bercermin dan mengulangi afirmasi positif untuk diri sendiri, lebih disukai setiap hari.

Hal ini tidak hanya membantu Anda mencintai dan percaya diri, tetapi juga meningkatkan penghargaan pada diri dan kepercayaan diri. Jangan menunggu orang lain melakukan ini untuk Anda, ambil cermin dan mulailah.

5. Beri Ruang Saat Membuat Salah

Pahami bahwa hidup adalah sebuah perjalanan dan Anda terus belajar dan berkembang. Tenangkan diri Anda dan ketahuilah bahwa kesuksesan datang dari membuat kesalahan. Apapun hambatan yang Anda hadapi, cinta diri adalah cinta terbaik.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Psikiater: Jangan Putus karena Mengira Bakal Dapat Pacar dan Hubungan Lebih Baik
Artikel Selanjutnya
18 Rahasia Pria yang Tak Diketahui Istri