Sukses

Tips Membersihkan Sepatu di Musim Hujan Berdasarkan Bahannya

Sebelum dibersihkan ada baiknya mengetahui bahan sepatunya lebih dahulu., karena beda material sepatu beda pula treatment yang dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Di musim hujan seperti sekarang ini, sepatu mudah kotor dan basah. Percikan air hujan biasanya bakal menempel di sepatu dan menimbulkan noda. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut akan sulit dihilangkan dan bisa merusak penampilan.

Namun, sebelum dibersihkan ada baiknya mengetahui bahan sepatunya terlebih dahulu. Pasalnya, beda material sepatu beda pula treatment yang perlu dilakukan.

Jangan sampai sepatu malah rusak akibat salah langkah untuk membersihkannya. Berikut tips membersihkan sepatu saat musim hujan berdasarkan bahannya.

Sepatu kulit

Jika sepatu kulit terkena air hujan dan basah, hal pertama yang Anda lakukan ialah membersihkan sisa kotor pada sepatu dengan handuk berbahan microfiber. Namun kalau tak punya, Anda bisa memakai tisu kering. Cukup dilap sampai sepatu tidak ada air.

"Kalau sepatu kulit kotor jangan direndam di air. Soalnya, itu bisa merusak material kulitnya dan membuat kulitnya jadi mengerut," tutur founder jasa cuci sepatu, Gurat Clean, Reza Fahlevi pada Liputan6.com, Senin, 6 Januari 2019.

Setelah itu, lanjut Reza, sepatu bisa dikeringkan dengan kipas angin. Setelah kering, sepatu bisa dioleskan dengan sabun pembersih khusus sepatu berbahan kulit dan balsem yang mampu membuat sepatu kulit lebih terawat.

"Hindari mengeringkan sepatu di bawah matahari. Soalnya, paparan matahari bakal membuat sepatu cepat rusak dan lem pada sol mudah terlepas. Hal ini dianjurkan untuk semua jenis bahan sepatu," ujar Reza.

Suede

Kalau sepatu berbahan suede basah kena air hujan, hal pertama yang harus dilakukan adalah keringkan dahulu dengan kipas angin. Jangan dibersihkan saat basah.

Setelah kering, bersihkan noda pada sepatu menggunakan sikat lembut atau soft dengan teknik searah. Kamu bisa juga menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

Ingat, karena bahan sepatu ini lembut jangan sampai terlalu basah. Hal itu bisa membuat bahan sepatu suede jadi kaku dan keras.

"Membersihkan sepatu berbahan suede harus less water. Kamu cukup gunakan cleaner khusus suede dan sikat searah pada sepatu tersebut. Gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan secara perlahan. Ulangi metode itu beberapa kali untuk hasil lebih maksimal," ujar Reza.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Canvas

Untuk membersihkan sepatu berbahan canvas, cukup gunakan sikat level medium atau sikat gigi. Sikat menggunakan cleaner dan air bersih pada seluruh sepatu dan jangan terlalu ditekan. Lakukan beberapa kali sampai noda hilang. Kemudian keringkan dengan kipas angin sampai kering.

"Jangan gunakan detergen pada sepatu apapun, termasuk canvas, selain membuat material sepatu rusak, detergen bisa mengubah warna sepatu. Menggunakan detergen juga bisa merusak lem pada mid sol atau karet pada lapisan sepatu. Jadi lem pada sepatu mudah lepas," terang Reza.

Sepatu olahraga

Sepatu olahraga mampu meresap air hujan dengan mudah. Untuk membersihkannya, gunakan sikat berlevel medium. Kemudian sikat sepatu mulai dari out sole sampai permukaan sepatu.

Untuk bahan ini Anda bisa gunakan metode air yang cukup. Lalu gunakan cleaner khusus agar sepatu kembali dengan penampilan terbaiknya.

"Biasanya material running shoe cepat meresap air. Kalau tidak cepat dibersihkan, sepatu akan mengeluarkan bau tak sedap. Untuk itu, bersihkan dengan air yang cukup dan diangin-anginin," ucap Reza.

Bahan mesh

Sekilas bahan sepatu ini sangat mirip dengan running shoe, tetapi bahan ini ada jaringnnya. Nah, untuk membersihkannya saat kena air hujan Anda bisa lap bagian permukaan sepatu sampai ke dalam dengan menggunakan handuk atau tisu kering.

Setelah itu, Anda bisa memakai sikat gigi, sikat secara perlahan menggunakan cleaner pada bahan sepatu tersebut.

"Jangan menyikat sepatu bahan mesh terlalu kuat, karena bisa merusak jariingnya. Dan hindari menggunakan detergen pada sepatu jenis ini karena bisa membuat lem pada sole lepas dan menguning," ungkap Reza lagi.

3 dari 3 halaman

Nubuck

Sekilas material pada sepatu ini sama seperti suede. Namun kalau diperhatikan bahan nubuck pada sepatu lebih halus ketimbang suede.

Untuk membersihkannya, hampir sama dengan suede. Cukup sikat searah dengan sikat yang lembut, lalu lap sepatu menggunakan handuk microfiber atau kain khusus berbahan nubuck.

"Membersihkan sepatu bahan suede atau nubuck perlu beberapa kali. Pasalnya, material sepatu ini rentan rusak jika terlalu basah dan terlalu kuat menyikatnya. Jadi lebih baik dikeringkan dulu, baru dibersihkan. Hindari paparan sinar matahari untuk mengeringkannya. Cukup gunakan kipas angin," imbuh Reza.

Reza menambahkan, saat membersihkan mid sole pada sepatu bahan nubuck, cukup gunakan tisu basah. Gosok perlahan agar mid sole tidak mudah retak atau rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.