Sukses

Di Balik Kesuksesan Kopi Kenangan, Dapat Guyuran Dana Serena Williams hingga Jay Z

Kopi Kenangan berencana memperluas bisnis hingga ke Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi Kenangan, salah satu kedai kopi kekinian yang digandrungi kalangan milenial, menyimpan cerita inspiratif di balik keberhasilannya menggaet beragam investor. Salah satunya adalah Arrive, sebuah platform pencarian dana yang dikelola Roc Nation, perusahaan milik Jay Z.

Tak hanya satu, Kopi Kenangan juga berhasil mengajak Serena Ventures, perusahaan milik Serena Wiliams, CEO dan pendiri Sweetgreen Jonathan Neman, hingga pebasket terkenal Caris LeVert untuk berpartisipasi. Pendanaan Series A yang bernilai 20 juta dolar AS atau sekitar Rp279 miliar telah berjalan mulai Juni 2019 lalu.

Salah satu founder Kopi Kenangan, Cynthia Chaerunnisa, menceritakan kilas balik perjalanan usaha yang dulunya hanya merupakan bisnis kecil-kecilan. Ia menyebut sejak awal, Kopi Kenangan memiliki visi dan mimpi yang besar. Salah satunya adalah membawa kopi Indonesia ke kancah internasional.

Kedai pertama Kopi Kenangan dibuka di Rumah Mantan di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan, pada 2017. Pendirinya adalah tiga sekawan: Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa.

Kedai itu hanya berukuran 5x2 meter persegi. Selanjutnya, Cynthia dan rekan-rekannya melebarkan sayap hingga bisa membuka sepuluh gerai.

Usaha mereka mulai dan mendapat dukungan sebuah perusahaan modal ventura. "Alpha JWC memberikan kesempatan untuk kita berkembang lebih cepat. Cerita mengenai perkembangan serta kegigihan tim Kopi Kenangan inilah yang menarik perhatian Sequoia Capital," ujar Cynthia kepada Liputan 6.com, Rabu, 25 Desember 2019.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbincangan 30 Menit

Cynthia juga menambahkan kesempatan yang ia terima semakin membuka peluang Kopi Kenangan disambut oleh beberapa perusahaan lain. "Salah satu investor WhatsApp, Facebook, Traveloka, Tokopedia dan Gojek," sambung Cynthia.

Ia menuturkan guyuran dana dengan investor diperoleh setelah mengobrol sekitar 30 menit tentang Kopi Kenangan dengan Neil, partner Jay Z. Perbincangan relatif singkat itu berhasil meyakinkan para investor untuk mendanai pengembangan bisnis.

"Waktu itu kita pitching ke Neil, partnernya Jay Z, melalui conference call. Selama kurang lebih 30 menit," ujar Cynthia. 

Pembicaraan itu mulai dilakukan pada September 2019 lalu. "Mereka memutuskan untuk menjadi bagian dari perjalanan kami di Kopi Kenangan dengan visi menjadi coffee chain terbesar di Asia." kata Cynthia.

Kini, gerai Kopi Kenangan tersebar di 83 lokasi di delapan kota di Indonesia. Menu yang ditawarkan juga tak hanya kopi dengan nama-nama unik seperti Kopi Kenangan Mantan dan Kopi Mantan Menikah, tetapi juga teh dan camilan.

Sebelumnya, CEO dan Pendiri Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengungkapkan rencana untuk menambah lebih dari seribu gerai dalam dua tahun ke depan dan berekspansi ke Asia Tenggara. Manajemen mengatakan, berdasarkan Nielsen Company, Kopi Kenangan adalah merek dengan top-of-mind awareness nomor satu untuk kategori Kopi Susu dan merek nomor dua setelah jaringan kopi international untuk kategori kopi umum. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.