Sukses

Selain Miss Universe, Juara Kontes Kecantikan di AS Didominasi Kulit Hitam

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kontes kecantikan diadakan di berbagai negara. Misalnya saja Miss Universe yang baru saja digelar di Amerika Serikat (AS).

Namun, kontes kecantikan sering mendapatkan anggapan miring, terutama karena pemenangnya biasanya datang dari mereka berkulit putih dan berambut lurus panjang. Dari situ, standar kecantikan semakin terbentuk.

Seiring berjalannya waktu, kontes kecantikan mulai mengalami perubahan. Sudah beberapa kali pemenang Miss Unverse adalah wanita berkulit hitam, termasuk pemenang di tahun ini, Zozibini Tunsi yang berasal dari Afrika Selatan.

Hal tersebut sebelumnya juga terjadi pada kontes kecantikan bergengsi di AS sepanjang tahun ini. Untuk pertama kalinya gelar untuk Miss America, Miss USA dan Miss Teen USA adalah mereka yang berkulit hitam. Ada Miss America Nia Franklin, Miss USA Cheslie Kryst, dan Miss Teen USA Kaliegh Garris.

Nia Franklin pernah mengatakan bahwa sebagai orang kulit hitam saat ini tidak perlu menjadi minder. Tidak dipungkiri masalah ras masih sangat dianggap penting di AS.

"Sangat penting untuk adik-adik kulit hitam untuk mencari tiga wanita Afrika-Amerika dengan figur yang kuat yang telah melakukan yang terbaik di kontes kecantikan," ujar Nia, seperti dilansir dari Glamour, 9 Desember 2019.

2 dari 3 halaman

Masih Sedikit

Dalam perjalanan kontes kecantikan di AS, sudah beberapa kali mendapuk wanita berkulit hitam menjadi pemenang ratu kecantikan meski jumlahnya masih sangat sedikit.

Salah satunya Vanessa Williams merupakan wanita kulit hitam pertama yang meraih gelar Miss America pada 1984. Ia bahkan sukses sebagai penyanyi dan bintang film.

Lalu ada Carole Gist pemenang Miss USA di 1990, Janel Bishop juara Miss Teen USA di 1991. Sedangkan di dunia; ada Janelle Commissiong, wanita kulit hitam pertama yang menjadi Miss Universe pada 1977.

Cheslie Kryst yang terpilih sebagai Miss USA 2019 pada Mei lalu, mewakili AS dalam ajang Miss Universe 2019. Namun langkahnya di kontes kecantikan paling bergengsi tersebut terhenti di Top 10 seperti halnya wakil Indonesia, Frederika Alexis Cull yang merupakan Puteri Indonesia 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemenang Miss Belgia 2020 Terjatuh dan Bra Terlepas di Panggung
Artikel Selanjutnya
Cerita Model yang Stroke di Usia 22 Tahun dan Ingin Ikut Kontes Kecantikan