Sukses

Jernihnya Mata Air Aqua Sekaligus Tempat Wisata di Subang

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sepertinya tak akan kehabisan destinasi wisata alam. Salah satu destinasi tersebut adalah mata air, yang kerap digunakan sebagai spot berfoto maupun pemandian oleh wisatawan.

Di daerah Cipondok, Kabupateng Subang, Jawa Barat, ada sebuah mata air yang menarik perhatian karena sangat jernih dan bersih. Tempat tersebut diberi nama Mata Air Aqua Cipondok Subang.

Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah mata air yang kini dijadikan sebagai tempat pemandian umum bagi warga sekitar. Selain itu, warga di sekitar tempat ini juga menggunakannya sebagai sumber air minum, keperluan MCK, dan mencuci pakaian.

Mata air yang keluar di tempat ini jumlahnya sangat banyak, dan kemudian ditampung pada sebuah penampungan yang mirip dengan kolam kecil.  Kolam kecil ini menjadi tempat berenang bagi warga sekitar.

Selain untuk kolam, mata air ini juga dijadikan sebagai pasokan utama bagi pabrik air minum mineral Aqua. Lokasi pabrik Aqua berdiri tak jauh dari sumber mata air ini. Karena letaknya yang dekat dengan pabrik Aqua dan terletak di desa Cipondok, mata air ini dinamakan sebagai Mata Air Aqua Cipondok.

Mata air di tempat ini memang sangat jernih dan bahkan kejernihannya sama dengan air minum kemasan atau galon yang sering kita minum.

Selain itu, debit air yang keluar pun sangat banyak. Menurut seorang warga sekitar, di musim kemarau sekalipun, mata air ditempat ini tetap mengeluarkan air dalam jumlah yang besar dan seperti tak ada habisnya.

Tempat ini sebenarnya bukan sebuah tempat wisata umum seperti pemandian Ciater atau Sari Ater, tapi hanya sebuah penampungan dari sebuah mata air yang kemudian dijadikan tempat mandi bagi warga sekitar.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Banyaknya warga yang datang dan mencoba untuk merasakan mandi di mata air yang jernih, maka ditempat ini akhirnya dibangun beberapa fasilitas umum seperti toilet, tempat ganti pakaian, tempat parkir, serta beberapa warung makanan dan minuman.

Banyak pengunjung yang berfoto dan mengunggahnya di media sosial, bahkan ada yang berfoto di bawah air dan terlihat sangat jelas karena begitu jernihnya mata air ini.

Selain fasilitas umum tersebut, ada sarana penunjang seperti akses jalan. Namun, jalan yang bisa dilalui hanya cukup untuk satu motor, dan harus menyusuri daerah persawahan.

"Tempat ini dikelola sama masyarakat setempat. Kita memang punya sumber mata air untuk pabrik Aqua disini dan juga dimanfaatkan untuk keperluan air warga di sekitar pabrik. Kalau untuk dijadikan tempat wisata, itu dikelola sama warga disini," terang Rini Juliani selaku Kordinator CSR PT Tirta Investama Subang pada Liputan6.com di Subang, Jawa Barat, Senin, 9 Desember 2019.

"Dim pun operasional Pabrik Aqua berada, kita berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan sekitar, termasuk di pabrik di Subang ini," tutur Dwi Nofriyadi selaku Plant Manager PT Tirta Investama Subang.

Tempat ini belum memberlakukan sistem retribusi tiket. Untuk parkir motor hanya dikenakan biaya Rp2 ribu serta toilet/tempat ganti pakaian sebesar Rp2 ribu.Untuk mencapai tempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Namun saat hampir sampai di tempat tujuan atau di depan pintu gerbang Pabrik Aqua, kendaraan mobil tidak bisa masuk. Yang bisa masuk hanya kendaraan roda dua atau motor.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: