Sukses

6 Inspirasi Menyulap Interior Kamar Mandi, Simpel tapi Stylish

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun kebanyakan rumah memberikan porsi area untuk kamar mandi relatif kecil dibanding ruang lainnya, tak bisa dimungkiri perannya sangatlah penting. Tak heran jika banyak pemilik rumah tetap memperhatikan desain kamar mandinya agar nyaman dan aman untuk digunakan.

Namun, pernahkah Anda merasa bosan dengan tampilan kamar mandi di rumah? Jika iya, mungkin Anda perlu berkreasi dengan menambahkan beberapa dekorasi kamar mandi. Berikut ini sederet inspirasi desain kamar mandi yang dirangkum Arsitag yang bisa menyulap tampilan seperti baru dengan cara mudah dan praktis.

1. Tanaman Hijau di Beberapa Sudut

Meletakkan tanaman di kamar mandi bukanlah sesuatu yang salah. Beberapa tanaman memang mampu hidup di area lembap dan minim pencahayaan. Sebut saja pakis, sirih gading, bambu hias, philodendron, dan beberapa jenis tanaman indoor lain yang bisa menjadi pilihan.

Anda bisa mengatur peletakan tanaman, baik digantung ataupun dengan pot duduk. Perawatannya juga tidak begitu rumit. Anda cukup menjaga kebutuhan air tanaman dan memastikan tanaman tetap mendapat cahaya matahari meskipun sesekali.

2 dari 7 halaman

2. Lampu Hias Jadi Elemen Dekoratif

Anda bisa mengubah tampilan kamar mandi agar tidak membosankan hanya dengan menambahkan sebuah lampu hias. Lampu hias bisa berupa lampu gantung atau lampu tempel dinding dengan desain sesuai keinginan. Terlihat simpel, namun dijamin kamar mandi Anda terasa lebih semarak dan tampil beda.

3 dari 7 halaman

3. Elemen Kayu untuk Dinding Kamar Mandi

Ide dekorasi kamar mandi berikutnya yang ampuh membuat tampilan kamar mandi menjadi berbeda adalah dengan menambahkan elemen motif kayu di dinding. Motif kayu ini bisa dengan menggunakan keramik atau bahan lainnya yang tahan air seperti kayu komposit. Kesan sejuk dan natural dari motif kayu dijamin sukses memberikan tampilan yang memuaskan.

4 dari 7 halaman

4. Bereksperimen dengan Keramik Motif

Penambahan keramik seperti motif batik atau etnik di dinding juga bisa menjadi ide yang mudah dan praktis untuk menyulap tampilan kamar mandi menjadi berbeda.

Tak perlu menambahkan keramik motif di semua sisi dinding, cukup di beberapa bagian saja. Selain membuat kamar mandi tampil berbeda, sentuhan keramik motif ini juga akan meningkatkan nilai estetika kamar mandi itu sendiri.

5 dari 7 halaman

5. Menempatkan Rak Pajangan

Menempatkan rak pajangan di dalam kamar mandi mungkin masih terkesan asing. Namun, hal ini bukanlah mustahil untuk dilakukan karena rak dapat menunjang dekorasi, sebagai tempat meletakkan pajangan dan hiasan favorit Anda.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah bahan raknya. Hindari penggunaan bahan seperti kayu yang bisa lapuk atau besi yang bisa berkarat dalam kondisi basah dan lembap.

 

6 dari 7 halaman

6. Berkreasi dengan Cermin Kamar Mandi

Jika kamar mandi di rumah Anda mempunyai cermin yang cukup besar, tak ada salahnya berkreasi dengan cermin tersebut. Anda bisa menambahkan terali berbahan dasar kayu yang cocok untuk kamar mandi, seperti jenis lapacho dan algarobbo. Penempatan terali cukup di sisi cermin yang tidak intens digunakan sehingga bisa menjadi elemen estetika.

Bermain dengan cermin juga bisa dengan memilih penempatannya. Bila kaca cermin di kamar mandi biasanya hanya ditempelkan di satu sisi dinding saja, Anda kini bisa meletakkannya di sudut agar ada dua pantulan. Agar lebih estetik, pilihlah desain cermin dengan tepian yang bentuknya tidak sekadar persegi.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Inspirasi Menata Kamar Mandi Agar Serasa di Hotel Mewah
Artikel Selanjutnya
Inspirasi Desain Unik Rumah Tropis dengan Material Mudah Didapat