Sukses

4 Cara Halau Tungau dari Kasur Tanpa Jasa Profesional

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah merasa gatal-gatal pada bagian tubuh atau kulit menjadi merah saat bangun tidur? Penyebabnya bisa saja karena gigitan tungau yang bersarang di kasur Anda.

Tungau hidup di bagian kasur yang tidak terlihat, seperti di bawah, lipatan, atau celah kasur. Tungau bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda, terutama pada kesehatan kulit, seperti alergi.

Maka itu, jangan biarkan tungau berkembang biak di kasur Anda. Salah satu cara membasminya adalah dengan membersihkan kasur. Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya yang banyak karena dapat membersihkannya sendiri dengan cara-cara yang dirangkum oleh Dekoruma di bawah ini.

1. Rapikan Tempat Tidur Setelah Dipakai

Tungau sangat suka dengan serat kain karena mereka menganggap bahwa itu adalah tempat tinggalnya. Maka itu, tidak heran jika tungau senang bersarang di kasur ataupun sofa.

Untuk membasmi semua tungau yang ada di kasur, rutinlah membersihkan tempat tidur Anda. Setiap bangun tidur, usahakan untuk menyapu kasur Anda dengan sapu lidi, menata bantal dengan rapi, dan melipat selimut.

Selain itu, rajinlah mengganti sprei minimal satu bulan sekali. Hal yang perlu dilakukan sebelum mencuci sprei adalah merendam sprei ke dalam wadah berisi air panas agar tungau yang ada di sprei mati.

2. Menggunakan Vacuum Cleaner

Membersihkan tempat tidur menggunakan sapu lidi saja tidak cukup untuk membasmi tungau. Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan menggunakan vacuum cleaner pada kasur Anda.

Namun, pastikan Anda memiliki vacuum cleaner khusus untuk kasur atau kamar, ya! Hal ini dikarenakan vacuum cleaner yang sudah digunakan di tempat lain, seperti ruang tamu, atau tempat kotor seperti gudang, dapat membawa debu atau kotoran lain ke dalam tempat tidur.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Menggunakan Disinfektan

Disinfektan merupakan cairan khusus yang dapat membantu mensterilisasi ruangan di dalam rumah Anda. Untuk membersihkan kasur dari tungau, coba semprotkan disinfektan pada kamar Anda.

Kandungan zat kimia yang ada di dalamnya mampu mencegah tungau berkembang biak di dalam kasur. Jika perlu, semprotkan juga pada tirai atau furnitur yang menggunakan material kain di kamar Anda.

4. Menggunakan Pengharum Ruangan

Selain untuk menenangkan pikiran, pengharum ruangan dengan aroma tertentu juga dapat mencegah berkembangnya tungau di dalam kasur. Aroma pengharum ruangan yang tidak disukai oleh tungau di antaranya adalah tea tree, lavender, dan eukaliptus.

Tungau menganggap aroma wangi-wangian tersebut adalah racun. Dengan demikian, akan ada banyak tungau yang mati sehingga menghambat mereka untuk berkembang biak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda melakukan keempat caramembersihkan kasur dari tungau di atas secara rutin, ya!

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading