Sukses

4 Tempat Tak Terduga yang Jadi Sarang Tungau

Liputan6.com, Jakarta - Tungau, makhluk kecil tapi bisa sangat mengganggu bila beraksi. Kebanyakan mereka ditemukan di kasur. Bila kena gigitannya, siap-siap saja kulit gatal kemerahan.

Tapi, tungau ternyata tak hanya bersarang di kasur. Hewan dari ordo Acarina itu juga sering bersembunyi di tempat lain, terutama yang jarang disentuh. Dekoruma mencatat empat tempat persembunyian tungau, simak penjelasannya berikut ini.

Rak buku

Baik rak buku maupun buku yang disimpan di sana, keduanya jadi tempat persembunyian tungau. Persisnya, sudut-sudut rak buku, buku dengan hard cover, dan buku cover kain yang jadi favoritnya.

Basmi dengan mengeluarkan semua buku dari rak. Buka satu per satu buku sembari mengamati apakah ada tungau atau tidak. Setelahnya, bersihkan sudut-sudut rak buku dengan sikat gigi.

Lemari pakaian

Lemari pakaian juga jadi langganan tungau untuk bersarang. Bagian dalamnya yang gelap serta banyaknya pakaian yang lembut membuat tungau betah di dalam lemari dan berkembang biak.

Cara menghilangkannya dari lemari adalah dengan mengeluarkan seluruh pakaian terlebih dulu. Cuci pakaian-pakaian tersebut dan keringkan.

Untuk bagian dalam lemari, bersihkan menggunakan sikat gigi bekas. Jika diperlukan, gunakan lampu senter untuk memudahkan Anda saat mencari tungau di sudut-sudut tersembunyi.

2 dari 3 halaman

Sofa

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, tungau suka permukaan yang empuk. Hati-hatilah saat Anda hobi duduk atau merebahkan tubuh di sofa. Jika setelahnya tubuh Anda gatal-gatal tanpa penyebab jelas, bisa jadi karena tungau.

Biasakan untuk membersihkannya dengan vacuum cleaner setiap enam bulan sekali. Jika masih terasa gatal, Anda bisa memanggil jasa pembersih sofa profesional supaya tungau cepat-cepat pergi dari sofa.

Laci

Beberapa furnitur seperti kabinet dan kitchen set pasti memiliki laci. Karena tungau suka bersembunyi di sudut-sudut sempit dan jarang dijangkau orang, laci menjadi sasaran empuk untuk bersarang.

Rajinlah untuk membersihkan laci supaya bebas dari tungau. Keluarkan seluruh barang di dalam laci dan lepaskan laci dari furnitur. Bersihkan sampai ke sudut-sudut sempit menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips Mudah Merawat Freezer di Rumah
Artikel Selanjutnya
3 Bahan Pembersih Ramah Lingkungan yang Ramah di Kantong