Sukses

Pentingnya Pembersihan Wajah Ganda di Tengah Pekatnya Polusi Udara

Kualitas udara yang kian memburuk membuat kondisi kulit harus semakin dijaga. Salah satu caranya adalah dengan double cleansing.

Liputan6.com, Jakarta - Polusi bukan hal baru bagi kehidupan masyarakat di kota metropolitan, namun kualitas udara kini kian memburuk. Terlebih, kini Indonesia sedang dikepung asap karena kebakaran hutan. Selain mempengaruhi kesehatan dan pernapasan, dampak buruk lainnya juga dirasakan oleh kulit.

Kondisi kulit dapat semakin buruk jika Anda adalah orang yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Polusi akan dengan mudah menempel pada kulit wajah, terlebih bagi para wanita yang rutin menggunakan make up setiap harinya.

Karenanya, rutinitas pembersihan kulit harus diperhatikan karena memiliki peranan penting dalam mencegah peningkatan sensitivitas kulit akibat paparan polusi. Perawatan yang benar juga bisa menyebabkan penuaan diri karena elastisitas kulit menurun akibat sinar matahari.

Double cleansing atau proses pembersihan ganda adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengangkat debu dan make up yang tertempel di wajah. Hal ini disampaikan oleh Archangela Chelsea, make up artist internasional dan Tantri Namirah, beauty & fashion enthusiast pada Bincang Shopee bersama Unilever: Atasi Polusi dengan Cara Masa Kini yang dilaksanakan di Wyl’s Kitchen, Veranda Hotel, Jakarta Selatan pada Rabu (25/9/2019).

"Pertama, aku sih pilih cleansing balm. Itu kan oil based, jadi mudah angkat make up. Cleansing balm sebenarnya sudah cukup, tapi double cleansing akan lebih mengangkat make up dan kotoran. Jadi, pakai micellar water lagi untuk menyegarkan juga," ujar Chelsea.

Cara yang sama dilakukan juga oleh Tantri Namirah. Dia mengaku memiliki kulit wajah yang sensitif sehingga harus berhati-hati dalam memilih pembersih wajah. Menurutnya, cleansing balm dapat membersihkan make up-nya dengan lebih bersih.

"Aku sehari bisa photoshoot tiga kali, muka sering di-touch up. Makanya, saat sampai rumah langsung membersihkan make up. Pertama pakai cleansing balm lalu micellar water," tutur ibu satu anak ini.

Saran lain dari Chelsea bagi wanita yang sering menggunakan make up adalah harus menjaga kebersihan wajah baik sebelum dan sesudah make up. Make up para artis Hollywood ini juga mengaplikasikan cara ini kepada kliennya. Menurutnya, hal ini perlu agar minyak dan kotoran lainnya bisa terangkat sehingga make up juga menempel lebih sempurna.

"Sebelum make up pakai cleansing balm dan micellar water dulu. Tapi, kalau mau cepat boleh pakai micellar water aja. Misal pagi kan buru-buru gitu," tambah Chelsea.

Acara ini sekaligus sebagai peluncuran Pond’s Cleansing Balm dan Pond’s Vitamin Micellar Water yang baru masuk ke Indonesia. Felix Winarta, Senior Brand Manager Pond’s Indonesia mengharapkan acara ini dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya membersihkan wajah setiap hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Skincare yang Benar

Chelsea memilih cleansing balm dibandingkan cleansing oil karena menurutnya produk ini sangat lembut ke kulit. Selain itu, cleansing balm menurutnya bisa melunturkan riasan hingga ke lapisan kulit yang dalam. Setelah dioleskan dan digosok, sapukan kapas atau handuk basah sehingga kulit tidak tergores.

"Kadang-kadang kalau wipe langsung pakai tisu basah, kulit itu bisa merah-merah bahkan menimbulkan jerawat," paparnya.

Penggunaan micelar water juga menurutnya akan lebih maksimal jika disesuaikan dengan kebutuhan kulit, bukan jenis kulit. Dia menuturkan bahwa pada dasarnya, micelar water adalah produk yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

"Kalau mau hydrating, bisa pakai yang mengandung aloe vera, merasa kulitnya kotor pakai yang charcoal untuk detoks. Jika ingin mencerahkan kulit kusam, bisa pakai yang rose water. Kalau sering pakai heavy dan waterproof make up, pakai yang mengandung milk," jelas Chelsea lagi.

Kondisi polusi yang ada membuat debu dapat semakin menyumbat pori. Hal ini akan menyebabkan timbulnya jerawat dan bruntusan. Untuk mencegah hal itu, akan lebih maksimal jika melakukan beberapa tahapan perawatan lainnya setelah melakukan double cleansing.

"Aku selalu menyarankan membersihkan wajah sebelum make up dan sesudah make up. Tidak boleh membiarkan make up overnight," pungkas Chelsea.

Make up artis asal Surabaya ini mengatakan bahwa  langkah membersihkan wajah akan lebih baik jika menggunakan serum, toner, pelembab dan sunscreen. Meskipun dalam foundation atau BB Cream sudah ada SPF, produk tabir surya akan lebih baik menangkal bahaya sinar matahari. Setelahnya, baru gunakan make up. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.