Sukses

Pangeran Harry Buka Suara Soal Kontroversi Liburan Pakai Jet Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle jadi sorotan setelah berlibur ke Ibiza bersama Archie memakai jet pribadi. Hal tersebut seketika menjadi kontroversi karena perjalanan pasangan ini disebut meninggalkan jejak karbon yang besar.

Dilansir dari People, Rabu (4/9/2019), setelah begitu dinanti, akhirnya Pangeran Harry buka suara terkait kontroversi tersebut. Putra kedua Putri Diana ini menyampaikan tanggapannya saat menghadiri sebuah acara di Amsterdam, Belanda, Selasa, 3 September 2019.

"Kita semua dapat berbuat lebih baik dan sementara tidak ada yang sempurna, kita semua memiliki tanggung jawab atas dampak pribadi kita masing-masing. Pertanyaannya adalah apa yang kita lakukan untuk menyeimbangkannya," kata Pangeran Harry.

Sebelumnya, pria berusia 34 tahun ini tiba pada Senin, 2 September 2019 dengan penerbangan komersial yang terjadwal. Pangeran Harry pun sempat bercanda di awal pidatonya.

"Setelah menghabiskan malam terakhir di sini, saya tidak tahu tentang kalian, tapi itu pasti tidur malam terbaik yang saya miliki selama empat bulan terakhir," katanya.

Dalam sesi tanya jawab, Pangeran Harry ditanya lebih dalam soal perjalanan pribadinya. Ia menjawab datang ke Amsterdam dengan pesawat komersial.

"Saya menghabiskan 99 persen dari hidup saya bepergian dengan (pesawat) komersial. Kadang-kadang, perlu ada kesempatan berdasarkan keadaan unik untuk memastikan keluarga saya aman dan benar-benar sesederhana itu," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Perjalanan yang Menuai Kecaman

Sebelumnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengisi musim panas dengan berlibur bersama buah hati, Archie. Ini sekaligus menjadi perjalanan ke luar negeri kedua untuk sang bayi.

Mereka menuju Kota Nice di Prancis selatan dengan jet pribadi dan menginap di vila yang menghadap ke laut Mediterania. Kedatangan mereka ke French Riviera hanya dua hari setelah kembali dari Ibiza, Spanyol.

Kala itu, liburan pada 4 Agustus 2019 tersebut bertepatan dengan ulang tahun Meghan yang ke-38. Kantor pasangan ini menolak memberi komentar apa pun terkait perjalanan pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 tersebut.

Pada 17 Agustus 2019 The Sun mengabarkan, Meghan dan Pangeran Harry memakai jet pribadi untuk kedua liburan termasuk pesawat Cessna dengan 12 kursi yang digambarkan dalam surat kabar Inggris itu. Soal pemakaian jet pribadi Cessna, Anggota Parlemen Inggris Teresa Pearce buka suara.

"Mengingat posisi yang mereka ambil di publik tentang bertanggung jawab atas perubahan iklim, ini tampaknya merupakan anomali yang harus mereka perhatikan. Kita semua harus memangkas emisi karbon kita, dan jumlah penerbangan yang kita ambil setahun," kata Teresa.

Menurutnya, hal ini sangat penting dan mengingat seseorang yang high profile seharusnya memimpin dengan memberi contoh. "Saya menemukan ini cukup mengejutkan karena tidak sesuai dengan citra publik mereka dan cara mereka yang begitu peduli tentang planet dan lingkungan," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita di Balik Meghan Markle dan Pangeran Harry Ikuti 17 Akun Instagram
Artikel Selanjutnya
Ini Isi Surat Meghan Markle yang Membuat Pangeran Harry Tuntut Media Inggris