Sukses

Miss Venezuela 2019 Tak Lagi Ungkap Ukuran Dada dan Pinggang Finalis

Demi mendapatkan ukuran tubuh yang dianggap ideal, banyak kontestan Miss Venezuela yang rela melakukan diet ketat dan operasi plastik.

Liputan6.com, Jakarta - Grand Final Miss Veneuela memang sudah berakhir pada Kamis, 1 Agustus 2019. Thalia Olvino dari Delta Amacuro berhasil meraih mahkota Miss Venezuela 2019.

Namun, ajang tersebut masih menjadi perbincangan orang banyak. Pasalnya adalah terciptanya sejarah baru terjadi dalam ajang tahunan yang diikuti oleh 24 konstestan tersebut.

Untuk pertama kalinya, acara tersebut tidak mengumumkan ukuran tubuh para finalisnya. Ukuran pinggang, dada dan pinggul para finalis tak disebutkan oleh pembawa acara saat para finalis tampil di atas panggung.

Dilansir dari Fox News, Kamis, 1 Agustus 2019, perubahan besar ini terjadi setelah penyelenggara Miss Venezuela dikritik karena dianggap terlalu fokus pada penampilan fisik finalis.

Mereka akan dianggap punya tubuh ideal kalau ukuran lingkar pinggangnya 60 cm, lingkar dada 90 cm, dan lingkar pinggul 90 cm. Demi mendapatkan tubuh yang dianggap ideal ini, banyak kontestan Miss Venezuela yang melakukan diet ketat dan operasi plastik. Mereka akan mempermak berbagai bagian tubuh untuk bisa menyesuaikan dengan penilaian kontes kecantikan tersebut.

Pada tahun ini, para kontestan memang masih akan berparade di atas panggung dalam pakaian renang dan gaun malam. Namun, panitia mengatakan mereka tak akan melihat lagi ukuran tubuh finalis Miss Venezuela.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Tengah Minimnya Duit

Panitia ingin melawan stereotip tentang bagaimana seorang wanita dianggap ideal dilihat dari bentuk badannya. "Kecantikan seorang perempuan itu bukan soal 90, 60, 90... tapi diukur dengan bakat dan keahlian masing-masing," tutur Gabriela Isler, juru bicara Miss Venezuela yang pernah meraih gelar Miss Universe 2013.

Ajang Miss Venezuela yang digelar sejak 1952 termasuk bisnis yang besar di negara Amerika Latin tersebut. Maklum saja, banyak pemenang Miss Universe dan Miss World yang berasal dari negara tersebut.

Namun, hal itu tak mampu membuat mereka terhindar dari dampak krisis ekonomi yang dihadapi Venezuela. Bahkan pada 22 Juli 2019, sempat terjadi pemadaman listrik secara masal dan membuat Venezuela menjadi gelap gulita selama satu malam.

Isler mengatakan kalau pemadaman itu terjadi di malam grand final Miss Venezuela 2019, panitia tidak akan bisa berbuat apa-apa. Mereka tidak mempunyai dana yang besar untuk mengantisipasi pemadaman listrik. Untungnya, hal itu tidak terjadi dan acara Miss Venezuela 2019 berlangsung dengan lancar dan sukses. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.