Sukses

Sederet Spot Berburu Panorama Matahari Terbit di Bromo yang Jarang Dilirik

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyak godaan untuk berkunjung, lagi dan lagi, ke kawasan Bromo, cantik panorama matahari terbit jadi salah satu alasan yang tak pernah lekang oleh waktu. Semburat cahaya langit ragam warna yang perlahan muncul menggantikan pekat malam itu sudah sejak lama jadi magnet bagi pelancong.

Seiring populer, menikmati cantik pemandangan ini tak semata ditawarkan dari titik-titik itu saja. Opsi tempat untuk berburu fajar di Bromo bertambah demi mempersembahkan keindahan dari sisi berbeda. Beberapa di antaranya tengah hits, tapi ada juga yang belum terjamah terlalu banyak turis.

Pasalnya, kebanyakan dari mereka lupa bahwa selain Malang, kawasan Bromo juga bisa diakses lewat Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan. Berikut sederet rekomendasi spot yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin, 22 Juli 2019.

Puncak B29 dan B30

Berada di perbatasan Lumajang dan Probolinggo, dua puncak di ketinggian sekitar tiga ribuan meter di atas permukaan laut ini tak semata menyajikan cantik fajar di Bromo. Dalam satu pandang mata, pengunjung juga bisa melihat hamparan selimut awan tepat di kaki Bromo.

Bahkan, karena letaknya, pengunjung juga bisa melihat megah Semeru sekaligus dari puncak B29. Mulai dikenal sekitar empat tahun lalu, dua spot ini masih terbilang kondusif, bahkan kadang bisa sepi, apalagi di hari selain akhir pekan dan libur.

Cemoro Lawang

Desa di kawasan Probolinggo sekaligus salah satu gerbang menuju Bromo ini juga sejak beberapa tahun lalu jadi alternatif untuk melihat matahari terbit. Seperti di Puncak B29 dan B30, gagasan negeri di atas awan pun bisa didapati di sini.

Bila datang sebelum waktu matahari terbit, pengunjung bahkan bisa menikmati magis dan tenangnya wilayah tinggal Suku Tengger tersebut berlatar kerlap-kerlip lampu. Belakangan, Bukit Mentigan jadi spot langganan untuk melihat matahari terbit di Bromo dari Desa Cemoro Lawang.

2 dari 3 halaman

Spot Sunrise yang Tengah Jadi Sorotan di Bromo

Puncak Seruni

Sejak awal tahun, Puncak Seruni menjelma jadi salah satu spot paling populer untuk menikmati matahari terbit di Bromo. Masih perwakilan dari kawasan Probolinggo, sebelum menikmati cantik panorama fajar, pengunjung harus menaiki 200-an anak tangga lebih dulu.

Sepanjang meniti anak tangga, pengunjung akan ditemani julangan pohon pinus. Panorama dari puncak ini kian dramatis dengan keberadaan empat pilar Tugu Brawijaya sebagai pengingat kejayaan Kerajaan Majapahit di masa lampau.

Bukit Cinta

Bukan nama baru untuk menikmati cantik panorama matahari terbit di Bromo. Berada sejalur dengan Puncak Penanjakan 1, kawasan ini ditandai dengan tulisan besar Love Hill Bromo Tengger sebagai penanda.

Terpesona menawannya lanskap Bromo di pagi hari, pengunjung sekaligus bisa melihat langsung cantik julangan gunung di sekitar Bromo seperti Gunung Kursi, Watangan, Gunung Widodaren, juga Semeru.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pagi di Gunung Bromo Tambah Menawan dengan Atraksi Balon Udara
Artikel Selanjutnya
Petualangan Menikmati Gunung Bromo dengan Balon Udara