Sukses

Resep Cilok Isi Ayam yang Mudah Dibuat

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak tahu cilok? Makanan ringan bertekstur kenyal ini sudah sejak lama jadi favorit banyak orang. Penggemarnya mulai dari anak-anak sampai dewasa. Saking tenar, kreasi cilok pun bermunculan seiring waktu.

Salah satu yang tak lekang oleh waktu adalah tumis ayam. Cilok yang kenyal ditambah tekstur ayam nan khas membuat kombinasi keduanya kian mantap. Langsung saja sontek resep kreasi Ida Lailatul Qadaria seperti dilansir dari Cookpad, Rabu, 17 Juli 2019.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok ayam:

Bahan isian:

250 gram dada ayam rebus

2 siung bawang putih

2 siung bawang merah

4 buah cabai merah

Secukupnya lada, garam, dan gula

Secukupnya minyak goreng

Bahan untuk adoban cilok:

250 gram tepung kanji

200 gram tepung terigu

3 siung bawang putih, haluskan

1/2 sdt merica bubuk

1/4 sdt bubuk ketumbar

Secukupnya garam dan kaldu bubuk

2 batang daun bawang, iris halus

Secukupnya air panas

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Suwir-suwir ayam yang sudah direbus, sisihkan.

Langkah 2

Haluskan semua bumbu, lalu tumis dengan minyak hingga harum. Masukkan suwiran ayam, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Koreksi rasa. Jika sudah pas, matikan api dan dinginkan.

Langkah 3

Campur semua bahan adonan cilok, kecuali air panas. Setelah semua bahan tercampur rata, siram dengan air panas secara perlahan sedikit demi sedikit. Ulen adonan hingga bisa dibentuk,

Langkah 4

Bentuk adonan bulat-bulat kecil, beri isian ayam yang sudah dibuat. Sambil membentuk adonan, didihkan air di panci, beri sedikit minyak goreng.

Langkah 5

Setelah air mendidih, masukan bulatan-bulatan cilok ke dalam air mendidih. Rebus hingga mengapung, tanda cilok masak apabila sudah mengapung. Angkat cilok dan dinginkan.Sajikan.