Sukses

Tidak Mentah di Bagian Dalam, Begini Trik agar Cilok Matang Sempurna

Liputan6.com, Jakarta - Tak melulu beli, Anda juga bisa membuat cilok sendiri di rumah, lho. Rasanya yang khas, ditambah bumbu menggugah selera membuat camilan ini jadi favorit banyak orang. Dalam pembuatan, memastikan cilok matang merata jadi satu kunci kelezatan. Langsung saja simak tipsnya seperti dirangkumkan Fimela.com berikut.

1. Uleni Adonan dengan Air Panas yang Baru Mendidih

Ketika semua bahan tepung dan bumbu sudah tercampur rata, pakai air panas yang baru mendidih untuk menguleni. Hal ini bisa menyiasati bagian dalam cilok tidak mentah dan nantinya matang sempurna.

2. Tuang Air Panas Sedikit demi Sedikit

Air panas yang digunakan perlu dituangkan sedikit demi sedikit. Selain untuk memastikan adonan tidak terlalu lembek, hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan tekstur cilok yang lebih lembut.

3. Rebus Sampai Mengapung

Setelah selesai diuleni, adonan bisa langsung dibentuk bulat-bulat. Didihkan air, lalu masukkan bulatan cilok ke dalamnya. Masak hingga cilok mengapung, biarkan dulu beberapa menit, kemudian angkat dan tiriskan.

4. Jika Menggunakan Bahan Isian, Pastikan Sudah dalam Keadaan Matang

Misal, Anda ingin memberi isian daging sapi di dalam bulatan cilok. Sebaiknya daging sapi sudah dalam keadaan matang saat dimasukkan ke dalam cilok. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Survei: Perempuan Lebih Suka Selingkuh dengan Lelaki Berewokan
Artikel Selanjutnya
Rihanna Resmi Meluncurkan Koleksi Fashion Pertamanya