Sukses

Cara Membuat Cilok Kuah Super Pedas ala Rumahan, Nikmat Disantap Saat Hujan

Mudah banget kok. Yuk langsung coba.

Liputan6.com, Jakarta Cilok merupakan jajanan khas Bandung yang mendadak jadi tren tahun 2017 lalu hingga kini. Berbahan dasar tepung tapioka atau orang Sunda biasa menyebut ‘tepung aci’, cilok dibentuk bulat-bulat seperti bakso. Teksturnya kenyal dan basah membuat hidangan satu ini disukai banyak orang.

Nah baru-baru, varian cilok kuah mendadak booming di internet. Cilok yang notabenenya adalah jajanan populer di Indonesia kini mulai muncul variasi-variasi uniknya, termasuk disajikan dengan kuah. Makanan cilok kuah ini sempat hits juga lho di media sosial Instagram beberapa waktu lalu.

Makanan ini sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki citarasa yang sangat enak dan mempunyai tekstur yang kenyal dan nikmat. Sajian cilok kuah ini disukai oleh anak kecil, remaja, hingga orang tua. Tak heran deh kalau sekarang di mana-mana muncul penjual cilok kuah, baik yang sederhana hingga yang sekelas kafe. Pengen bikin cilok kuah tapi males jajan? Kamu bisa bikin sendiri kok ala rumahan. Nggak sulit, asal kamu tahu resep cilok kuah yang mau dibuat, tinggal siapkan bahan dan mengikuti step by step hingga selesai.

Banyaknya orang Indonesia yang menyukai masakan pedas, tentu cilok kuah ini lebih nikmat jika disajikan super pedas ya. Inilah mengapa resep cilok kuah dengan varian kuah yang pedas masih menjadi favorit. Apalagi nih di kala musim hujan memang paling enak menyantap sesuatu yang hangat. Salah satunya adalah menikmati cilok kuah super pedas ini.

Resep cilok kuah pedas ini cukup mudah dipraktekkan dan rasanya enak banget. Cocok disajikan di kala cuaca dingin karena pedasnya kuah dari sajian ini bisa banget menghangatkan badan. Yuk simak resep cilok kuah pedas di bawah ini yang dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-Bahan:

Untuk membuat cilok:

- 4 sendok makan tepung aci atau tepung sagu

- 3 sendok makan tepung terigu

- 1 batang daun bawang (gunakan bagian tangkainya)

- 1 butir telur ayam (dikocok)

- 1 bungkus kaldu ayam bubuk- Gula secukupnya

 

Untuk bumbu halus kuah:

- 10 buah cabe merah (jumlah bisa disesuaikan menurut selera)

- 5 buah cabe rawit merah (jumlah bisa disesuaikan menurut selera)

- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- Setengah gelas air

- Garam, gula, dan merica secukupnya

3 dari 3 halaman

Cara Membuat:

1. Untuk membuat cilok, pertama-tama siap kan wadah besar (baskom). Kemudian, masukan tepung aci dan tepung terigu ke dalamnya. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan kaldu ayam bubuk. Masukan air perlahan-lahan sambil diaduk sampai kalis.

3. Aduk telus adonan hingga bisa di bentuk

4. Didihkan ½ panci air. Bulatkan adonan cilok tadi dan masukan ke dalam rebusan air. Tunggu sampai cilok matang (mengapung). Angkat dan tiriskan.

Artikel menarik lainnya.

5. Untuk membuat kuah, haluskan cabe merah, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan air hingga menjadi bumbu halus.

6. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun bawang yang sudah diiris dan kocokan telor, aduk rata.

7. Tuangkan tumisan dalam air bekas rebusan cilok. Beri bumbu garam, gula, dan lada. Jika suka boleh tambahkan kaldu ayam bubuk. Rebus kuah hingga mendidih.

8. Terakhir masukan cilok. Aduk rata dan cilok kuah pedas siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.