Sukses

Ingin Jadi Makeup Artist Profesional? Intip Dulu Tips dari Bubah Alfian

Bubah Alfian membagikan tips untuk menjadi makeup artist profesional, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Bubah Alfian telah melalui pasang-surut dalam merintis kariernya di dunia tata rias yang dibangun sejak 2011 lalu. Kala itu, libur adalah momen yang sangat langka dan bekerja tiada henti untuk melengkapi portofolio.

"Kalau zaman dulu nggak ada Instagram, jadi bawa majalah ke mana-mana. Kerja sehari 20 jam, setahun libur empat hari, dan bikin portofolio sebanyak-banyaknya walau pun sudah capek badan lemas tetap kerja," kata Bubah Alfian di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Tentunya bukan perkara mudah untuk berada di posisi saat ini. Perjuangan dan kerja keras Bubah Alfian berbuah manis karena ia berhasil meraih popularitas di dunia tata rias dan dikenal banyak pesohor.

Ingin menjadi makeup artist profesional seperti Bubah Alfian? Ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pria kelahiran 30 Mei 1987 tersebut membagikan kiat-kiat untuk sukses seperti dirinya.

"Menjaga hubungan baik dengan klien, kalau sekarang me-manage Instagram dengan baik, pilih konten yang baik, cari link sebanyak-banyaknya, dan jangan memikirkan duit dulu tapi pikirin gimana caranya bikin portofolio sebagus mungkin," ungkapnya.

Kesuksesan yang direngkuh Bubah Alfian telah mengantarkannya pada banyak pencapaian. Selain tersohor di antara para selebritas, ia juga pernah mendapat kesempatan makeup dalam America's Next Top Model di Bali hingga juri Amazing Race USA.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Etika Makeup hingga Mengenal Karakter Klien

Menurut Bubah Alfian, dalam dunia tata rias ternyata ada beberapa pakem yang harus dijaga, seperti etika untuk tidak menyentuh wajah klien secara langsung hingga menjaga mood klien.

"Makeup itu nggak hanya bikin cantik tetapi juga bikin klien happy. Mengubah mood jelek menjadi happy itu yang paling susah," kata Bubah Alfian.

Ada fakta menarik tentang bagaimana Bubah mengenal karakter klien lebih dalam. "Biasanya saya pelajari zodiaknya untuk mengenal karakter klien dan zodiak itu berpengaruh banget," tambahnya.

"Leo kalau mau dirias akan memberi detail, kalau dia nggak suka dengan makeup di tengah jalan, dia akan mendekat ke kaca. Kita harus segera tanya ada yang salah atau nggak suka. Contohnya Cinta Laura, Nadya Hutagalung, Angel Pieters, Chelsea Olivia itu Leo," ungkap Bubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.