Sukses

Ingin Buat Bioskop di Rumah, Bisa Kok Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian yang menyukai film atau movie freak pasti sempat terbesit untuk membuat bioskop di rumah. Yap, tentu bakal lebih nyaman dan homie merasakan sensasi nonton film di rumah. Lagi pula kamu bisa ajak keluarga dan kerabat untuk nonton bersama. Seru kan.

Namun, untuk menyulap sebuah ruangan menjadi bioskop tentu perlu persiapan komponen mumpuni mulai dari layar atau televisi, sofa, dan soundsystem.

Untuk itu, berikut panduan untuk membuat bioskop pribadi di rumah. Ini langkah-langkahnya.

Cermat pilih barang elektronik

Untuk membuat bioskop pribadi di rumah kamu membutuhkan sebuah proyektor, layar atau televisi yang besar. Nah, agar sempurna, kamu perlu melihat juga dari sisi ruangan yang akan digunakan sebagai bioskop. Dan jika ruangan yang dimilliki di rumah tidak terlalu luas, kamu cukup memilih barang-barang dengan kualitas medium. Sebuah proyektor dengan 1000 lumen dan 720p DLP sudah cukup memadai.

Setelah itu, kamu memerlukan pengeras suara. Barang tersebut merupakan elemen penting untuk bioskop di rumah. Bagaimana tidak, dengan suara yang bagus dan membahana bakal menambah kamu lebih seru saat nonton sebuah film. Apalagi kalau nonton film perang. Efek suara yang bagus, bakal membawa kamu serasa ada dalam film tersebut.

Yap, benda inilah yang akan berperan penting dalam menentukan kualitas menonton Anda.

Maka dari itu, pilihlah pengeras suara atau sound system yang berkualitas. Namun, kalau dengan ruangan tidak terlalu luas, tentu tidak cocok dengan bentuk home theater pada umumnya.

Kamu perlu pengeras suara yang minimalis namun tetap menghasilkan suara berkualitas dan membahana, soundbar PHT 220 SB misalnya.

Perlu diketahui, produk dari Polytron ini adalah sebuah inovasi terbaru dari sistem pengeras suara untuk melengkapi pengalaman menonton film di rumah.

Dengan desain yang lebih ramping, modern dan elegan, soundbar mengintegrasikan beberapa unit speaker dalam satu wadah tanpa mengurangi kualitas suaranya. Sebaliknya, suaranya jernih dan keren.

Apalagi, soundbar hanya membutuhkan ruangan yang tidak terlalu luas dan bisa diletakkan dengan cara dipasang di dinding bawah TV atau di atas rak cabinet. Beda halnya dengan home theatre yang membutuhkan ruangan yang luas karena sound system tersebut terdiri dari beberapa unit terpisah.

Dengan bentuknya yang minimalis, Soundbar lebih mudah dalam hal instalasi, beda halnya dengan home theater dengan dimensinya yang cukup besar dan kompleks terlebih banyaknya kabel yang menyambungkan unit-unit terpisah.

Selain itu, soundbar memiliki sistem stereo yang berfungsi di kiri dan kanan. Nantinya output audio akan diproses secara digital untuk mencapai hasil stimulasi virtual dengan efek suara lebih jernih lagi dan bombastis.

 

Polytron soundbar dilengkapi dengan subwoofer terpisah untuk memproduksi suara berfrekuensi rendah. Subwoofer lepas ini berfungsi sebagai penambah daya output suara yang lebih kencang dibandingkan dengan subwoofer kecil yang sudah terinstalasi di dalam unit soundbar.

Produk ini juga didukung dengan subwoofer level control, dimana kamu dapat mengatur kecil atau besarnya suara yang ingin dihasilkan oleh subwoofer.

Selain itu, Polytron soundbar juga dilengkapi oleh 2.1 channel speaker. Hal itu berfungsi untuk seluruh sistem stereo-nya bekerja dengan sangat baik dari sisi kiri dan kanan.

Pada setiap channel kiri dan kanan masing-masing terdiri dari dua speaker, sehingga produk ini mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan mantap.

Soundbar juga dilengkapi oleh fitur Bluetooth. Anda bisa mendengarkan lagu-lagu kesayangan melalui fitur tersebut. Pasalnya, fitur tersebut memiliki koneksi nirkabel Bluetooth + EDR atau dapat melalui kabel Aux ke Aux input, USB dan juga Micro SD/ TF Card. Jadi, Bluetooth + EDR adalah sebuah teknologi modulasi yang mampu mengirimkan data 2-3 kali lebih cepat dan praktis.

Selain itu, Polytron Soundbar tipe PHT 220 /SB ini dilengkapi dengan 4-Digit White LED Display yang akan memudahkan Anda dalam mengetahui fungsi mana yang sedang aktif.

Setelah memastikan pengeras suara, kamu perlu memilih sebuah pemutar film mulai dari DVD atau Blu-ray player yang kini tersedia dengan berbagai varian dan harga.

Pasang semua komponen

Ketika Anda sudah selesai memperhitungkan semua penempatan, kini saatnya untuk memasang semua barang elektronik. Minta bantuan seorang teman untuk memudahkan prosesnya.

Pasang layar di lokasi dinding yang sudah dipilih. Minta bantuan teman untuk menahannya dan Anda akan meilihat dari jauh apakah penempatan layar sudah sesuai atau belum. Untuk layar yang bisa dibuka tutup, buka layar terlebih dahulu agar Anda dapat melihat apakah jarak menonton sudah cukup.

Lalu, nyalakan proyektor dan tembakkan ke layar. Jika Anda sudah melakukan perhitungan sebelumnya biasanya gambar tidak akan meleset dari layar. Buat pengaturan gambar di proyektor agar dapat terlihat sesuai dengan ukuran layar sehingga gambar dapat terlihat dengan jelas. Setelah itu instalasi pengeras suara Polytron soundbar.

Mulai menyalakan film, dan nikmati bioskop pribadi Anda di rumah!

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Hadiah Istimewa untuk Keluarga, Istri dan Orang Tua di Momen Lebaran
Artikel Selanjutnya
Tips Pintar Simpan Makanan di Kulkas Selama Bulan Puasa