Sukses

Rachel Barcellona, Penyandang Autisme Pertama yang Jadi Kontestan Miss Florida

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan asal Florida bernama Rachel Barcellona mencetak sejarah dalam kompetisi kecantikan. Ia menjadi kontestan pertama penyandang autisme yang berkompetisi di kontes Miss Florida, bagian dari Miss Amerika.

Melansir refinery29.com, Senin (24/6/2019), mahasiswa University of South Florida bersaing dengan kontestan-kontesan lain. Saat ini, ia memegang gelar Miss Manatee River.

"Saya ingin memakai suara saya untuk menginspirasi harapan pada orang lain. Kesadaran baik, namun kami butuh penerimaan," kata Rachel pada ABC Action News.

Rachel akan mengadvokasi platformnya, "Ability Beyond Disability" dalam kontes untuk menunjukkan kepada orang banyak bahwa autisme tidak menghalangi langkahnya untuk berprestasi.

Ia juga siap menyuarakan soal kesadaran autisme dan akan pergi ke Gedung Putih bersama SafeMinds untuk melobi amandemen penting untuk mengusulkan Undang-Undang Peduli Autisme 2019.

Rachel Barcellona yang mengidap sindrom Asperger telah malang-melintang di dunia kompetisi sejak usia lima tahun. Ia juga berjuang dengan epilepsi, dyspraxia yakni gangguan neurologis, dan dyscalculia yaitu gangguan belajar, berdasarkan kisahnya di situs Dyspraxia Foundation USA.

2 dari 3 halaman

Tak Lelah Menyuarakan Kesadaran akan Autisme

Selain berkompetisi di kontes kecantikan, Rachel Barcellona tidak lelah untuk menyuarakan terkait kesadaran akan autisme. Hal tersebut tampak dari deretan unggahan yang dibagikan melalui akun Instagram pribadi @rachelbarcellona.

Salah satu unggahan terbarunya adalah berisi kata-kata mengenai perjuangan seseorang penyandang untuk bekerja keras hingga di tahap tertentu.

"Bahkan jika autisme Anda lebih ringan daripada yang lain, itu tidak berarti pengalaman Anda lebih mudah, itu tidak membuat Anda kurang valid atau kurang autis," tulis Rachel dalam unggahan Senin (24/6/2019).

Rachel Barcellona tidak hanya aktif dalam kontes ratu kecantikan, ia juga merupakan penyanyi opera, penulis, model hingga sebagai playologist Glazer Children's Museum.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah WNI dengan Anak Autisme Perjuangkan Izin Tinggal di Australia