Sukses

4 Tips Membagikan Uang Amplop Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai macam tradisi Hari Raya Idul Fitri atau lebaran di Indonesia. Ada tradisi yang baru berkembang dan ada juga yang bertahan sampai saat ini.

Salah satu tradisi Lebaran yang paling dinanti, terutama oleh anak-anak adalah saat mereka akan mendapatkan uang alias angpao Lebaran atau sering disebut juga 'salam tempel'. Uang ini biasanya diberikan oleh orang yang lebih tua atau yang sudah bekerja.

Bertepatan dengan momen lebaran di hari ini, tentu sudah banyak yang mempersiapkan dan membagikan amplop berisi uang atau angpao.  Dilansir dari Dream, Selasa, 4 Juni 2019, ada sejumlah tips memberikan angpao lebaran.

Daftar Penerima

Yang paling pertama, Anda harus membuat daftar penerima angpao. Tujuannya supaya dana angpao lebih terkontrol dan tidak membebani pengeluaran Lebaran. Apalagi jika harus mengorbankan uang gaji.

Ingat, bulan Juni masih panjang dan tanggal gajian masih jauh. Anda bisa memberikannya kepada sanak famili. Kalau ada tetangga rumah yang memiliki anak kecil, jangan lupa memasukkannya ke dalam daftar penerima.

Ikhlas

Yang kedua, Anda harus merasa ikhlas. Kalau ingin memberikan sesuatu kepada orang lain terutama saat lebaran, tentunya kita harus merasa ikhlas.

2 dari 3 halaman

Adil

Yang ketiga bersikap adil. Setelah membuat daftar penerima angpao, Anda bisa menentukan jumlahnya. Sebaiknya Anda harus adil ketika membagi-bagikan uang.

Hal ini bertujuan agar tak ada kecemburuan antar penerima angpao Lebaran. Anda juga harus menyesuaikannya dengan kondisi keuangan Anda.

Misalnya, untuk anak di bawah 6 tahun, Anda bisa memberikan mereka uang Rp 5 ribu, anak TK-SD Rp 10 ribu—Rp2 0 ribu, SMP Rp 50 ribuan, dan SMA Rp100 ribuan. Anda bisa meningkatkan jumlahnya jika anggaran angpao Lebaran lebih dari cukup.

Kemasan Menarik

Keempat, Anda bisa memasukkan uangnya dengan kemasan menarik. Anda bisa memasukkan uang “ THR” ke dalam amplop yang berwarna-warni. Tak harus yang mahal, Anda bisa membeli amplop angpao di pedagang kaki lima.

Harganya bervariasi, mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 8 ribu untuk satu pak amplop. Satu pak amplop biasanya berisi 10 lembar. Kalau mau lebih irit, Anda bisa membuatnya sendiri. Dengan begitu, Anda juga bisa menuangkan kreativitas untuk membuat angpao Lebaran.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading