Sukses

6 Fakta Penting tentang Sosok Ustaz Arifin Ilham

Liputan6.com, Jakarta - Awan duka tengah menyelimuti keluarga besar Ustaz Arifin Ilham. Sang pendakwah mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakir Gleneagles, Penang, Malaysia, Rabu malam, 22 Mei 2019, waktu setempat.

Kabar meninggalnya Ustaz Arifin Ilham juga disampaikan putra sulungnya, Alvin Faiz, melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadi @alvin_411, sesaat setelah kepergian sang ayah.

"innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulis Alvin.

Seperti yang diketahui, Ustaz Arifin Ilham telah berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening yang dideritanya beberapa waktu terakhir. Berikut enam fakta mengenai sosok pria kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 itu.

1. Menderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Ustaz Arifin Ilham diketahui menderita limfoma atau kanker kelenjar getah bening stadium 4A. Sejak itu, ia pun menjalani beragam proses pengobatan, salah satunya kemoterapi sejak Desember 2018.

Sang Ustaz juga harus bolak-balik mendapat perawatan mulai dari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Paviliun Kencana pada awal Januari 2019, hingga beberapa kali di rumah sakit di Penang, Malaysia.

2. Membangun Majelis Zikir Az-Zikra

Melansir laman azzikra.com, Kamis (23/5/2019), Ustaz Arifin Ilham memperkenalkan majelis zikirnya pada 1997 dengan nama Majelis Zikir Az-Zikra di masjid tempat tinggalnya Depok, Jawa Barat.

Kemudian, Majelis Zikir bulanan Az-Zikra resmi dipindahkan ke kawasan perumahan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat sejak 7 Juni 2009. Sentra kegiatan dakwah ini terbuka untuk umum, lintas, organisasi, dan mazhab.

2 dari 5 halaman

3. Punya Tiga Istri

Ustaz Arifin Ilham memiliki tiga orang istri. Ia menikahi istri pertamanya, Wahyuniati Al-Waly pada 1998 dan dikaruniai seorang putra yakni Muhammad Alvin Faiz. Lalu pada 2010, sang ustaz menikahi Rania Bawazier dan kemudian pada 2017 mempersunting Umi Akhtar.

3 dari 5 halaman

4. Sering Diserang Hoaks

Sejak menjalani perawatan akibat limfoma, Ustaz Arifin Ilham kerap didera kabar tidak benar alias hoaks yang menyebutkan ia meninggal dunia. Kabar miring itu tersiar melalui pesan singkat.

Sang putra pun kala itu memberikan konfirmasi. "Berita HOAX bertebaran di sosial media, teman2 jangan percaya sebelum kami selaku keluarga mengkonfirmasi ya. Ini kondisi abi tadi malam ketika teman2 @teukuwisnu @ariekuntung @agoozerahman menjenguk dan melihat langsung kondisi abi @kh_m_arifin_ilham . Kita selaku keluarga, hanya minta doanya kepada teman2 semua untuk kesembuhan abi, semoga Allah angkat penyakitnya, aamiin," tulis Alvin Faiz.

4 dari 5 halaman

5. Wasiat Ustaz Arifin Ilham

Melalui sebuah video yang diunggah pada akhir April lalu, Ustaz sempat menuliskan wasiat jika ia menghadap sang pencipta. "InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur," tulisnya.

6. Siapkan Kain Kafan

Selain wasiat, Ustaz Arifin Ilham juga telah mempersiapkan kain kafannya sendiri. "Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya. SbhanAllah maafkan arifin, dunia ini sebentar semua kita menuju “liqoouhu” perjumpaan dg NYA," lanjutnya kala itu.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sosok Ustaz Arifin Ilham di Mata Menantu
Artikel Selanjutnya
Pesan Ustaz Arifin Ilham Sebelum Tutup Usia