Sukses

Pesan Ustaz Arifin Ilham Sebelum Tutup Usia

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada pukul 23.40 waktu Malaysia. Kabar duka itu disampaikan oleh anaknya Muhammad Alvin Faiz.

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu (22/5/2019) malam sekitar pukul 22.40 WIB. Almarhum menghembuskan napas terakhirnya saat menjalani perawatan di rumah sakit di Penang, Malaysia karena menderita sakit kanker nasofaring dan kanker getah bening stadium 4A.

Ustaz Arifin Ilham begitu cepat meninggalkan murid, sahabat, anak, dan ketiga istrinya. Namun demikian, di usianya yang ke-49, namanya dikenang lantaran beliau selalu menyebarkan kebaikan.

Menurut Ketua Yayasan Az-Zikra Sentul, Ustaz Khotib Kholil, sang pendiri majelis taklim Az-Zikra tersebut selalu berpesan kepada pengurus yayasan dan para jemaahnya agar rutin membaca tujuh surat ayat suci Alquran.

"Beliau juga sering menyampaikan adab dalam beribadah," kata Ustaz Khotib, Kamis (23/5/2019).

Ustaz Khotib menuturkan, Ustaz Arifin Ilham sudah dua kali menjalani pengobatan di Penang Malaysia. Saat kondisinya mulai membaik, pria kelahiran tahun 1969 ini sempat pulang ke Tanah Air dan kembali memberikan tausyiah.

Meski tengah berjuang melawan sakit yang dirasakan, raut wajahnya selalu menampakkan keceriaan, tetap tegar, dan tak pernah ada keluhan sedikit pun dari mulutnya.

"Beliau itu walaupun sakit, tidak pernah menampakkan sakitnya dan selalu kelihatan ceria. Istilahnya untuk menunjukkan kegembiraan kepada para jemaah," kata Ustaz Khotib.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sakit Kanker

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada pukul 23.40 waktu Malaysia. Kabar duka itu disampaikan oleh anaknya Muhammad Alvin Faiz.

"Saya dapat kabar pukul 22.45 WIB bahwa Kyai H Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia," ucapnya.

Sementara itu, sejumlah kerabat, saudara, tetangga dan pengurus yayasan mulai berdatangan ke kediaman almarhum ustaz kondang ini di Perumahan Bukit Az-Zikra Sentul, Babakan Madang, Bogor, yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Masjid Az-Zikra sejak dini hari tadi.

Diketahui sebelumnya, Ustaz Arifin Ilham wafat saat tengah menjalani pengobatan penyakit kanker getah bening dan kanker nasofaring stadium 4A yang diidapnya.

Rencananya, jenazah almarhum akan disalatkan di Masjid Az-Zikra kemudian dimakamkan di kompleks Pesantren Az-zikra, Desa Cibadung, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.