Sukses

Terungkap Isi Akta Kelahiran Putra Meghan Markle dan Pangeran Harry

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry telah menyambut kehadiran putra pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor pada Senin, 6 Mei 2018. Dua hari kemudian, pasangan ini muncul ke publik bersama Archie di St. George's Hall, London, Inggris.

Namun di balik kabar gembira itu, terselip beragam spekulasi terkait tempat Meghan Markle melahirkan. Hal tersebut akhirnya terjawab setelah akta kelahiran Archie resmi dirilis pada Jumat, 17 Mei 2019.

Apa saja fakta-fakta kelahiran putra Meghan Markle yang terungkap dari akta kelahiran itu? Simak rangkuman selengkapnya seperti melansir CNN, Minggu (19/5/2019) berikut ini.

1. Archie Lahir di London

Beberapa hari menjelang kelahiran, ada spekulasi yang mencuat dan menyebut bahwa Meghan Markle memilih melahirkan di rumahnya, Frogmore Cottage, Windsor. Tak sedikit media Inggris juga melaporkan Duchess of Sussex melahirkan di London.

Akta kelahiran menunjukkan Archie lahir di Portland Hospital, sebuah rumah sakit swasta di West End London. Seorang juru bicara Portland Hospital sempat menyampaikan pernyataan.

"Selamat untuk Duke dan Duchess of Sussex atas kelahiran bayi Archie. Untuk alasan kerahasiaan pasien, kami tidak dapat memberikan komentar dan informasi apa pun," jelas juru bicara itu.

2 dari 4 halaman

2. Meghan Terdaftar sebagai Putri

Pada akta kelahiran, pekerjaan Meghan terdaftar sebagai "Princess of the United Kingdom". Sementara, ia memang tidak pernah secara resmi disebut Putri Meghan karena tidak memiliki darah kerajaan.

Hanya keturunan langsung dari garis keturunan kerajaan yang diizinkan menyandang gelar Pangeran dan Putri diikuti nama pertama mereka. Keluarga kerajaan penuh dengan tradisi dan protokol yang salah satunya menyebut posisi istri dalam urutan kekuasaan divalidasi oleh suaminya yang berdarah biru.

Jadi jika Meghan Markle memiliki kedudukan sebagai Putri, ia secara resmi dikenal sebagai Meghan, Duchess of Sussex yang diberikan Ratu kepadanya sebelum pernikahan pada 2018 lalu.

3 dari 4 halaman

3. Pangeran Harry Daftarkan Kelahiran Archie

Pangeran Harry mendaftarkan sendiri kelahiran Archie sesuai akta kelahiran. Ini juga menunjukkan ia membutuhkan waktu 11 hari untuk melakukannya, tanggal pendaftaran terdaftar pada 17 Mei 2019. Ketika pasangan ini menikah di Inggris, hanya satu orangtua yang wajib mendaftarkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pangeran Harry Gugat Agensi Foto, Ada Apakah?
Artikel Selanjutnya
Meghan Markle Melahirkan, Mantan Suami Menikah Lagi