Sukses

Mengenal Ustaz Khalid Basalamah, Penceramah yang Punya Bisnis Kuliner Khas Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sering mendengarkan ceramah lewat video di YouTube, kiranya sudah tak asing dengan sosok Ustaz Khalid Basalamah. Lelaki ini jadi salah satu ustaz dengan subscriber terbanyak di YouTube, yakni mencapai lebih dari 870 ribu orang. Penonton tiap video pun bisa mencapai ribuan, bahkan ratusan ribu kali.

Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (11/5/2019), Ustaz Khalid lahir di Makassar, 1 Mei 1975. Ustaz ini memiliki nama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah. Nama Basalamah diambil dari nama marga Arab di Hadramaut, Yaman.

Ustaz Khalid Basalamah menghabisnya masa mudanya untuk belajar. Setiap hari ia mendalami ayat-ayat Alquran, kitab, dan hadist. Sampai akhirnya ia menuntut ilmu di Universitas Madinah, Arab Saudi. 

Setelah selesai kuliah S1 di Madinah, Ustaz Khalid Basalamah meneruskan pendidikan S2 di Universitas Muslim Indonesia di Makassar. Ia pun mengambil pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razak di Malaysia.

2 dari 4 halaman

Bisnis Restoran Khas Timur Tengah

Kecintaan terhadap kuliner membuat Ustaz Khalid Basalamah membuka usaha restoran khas Arab, Ajwad Resto. Restoran ini berada di kawasan Condet, Jakarta Timur. Berbagai menu khas Timur Tengah dengan rempah yang kuat jadi daya tarik restoran ini.

Berbagai menu seperti nasi kabsah atau nasi gurih pedas dan nasi mandi atau nasi gurih bisa dimakan dengan lomba atau ayam. Ada pula kebab laham berupa sate domba dengan bumbu khas, khobus abyadh atau roti khas Arab, dan musakka berupa tumisan daging domba dengan sayuran.

Bila berkunjung, jangan lupa mencoba Umm Ali atau puding roti hangat bercampur kismis dan kacang- kacangan. Anda juga harus coba jus kurma yang penuh khasiat.

3 dari 4 halaman

Dakwah yang Mencerahkan

Ustaz Khalid Basalamah berdakwah di mana-mana. Dari satu masjid ke masjid lain. Bahkan ia sering diundang untuk berdakwah sampai ke luar negeri. Dari ceramahnya, Anda yang tak hadir di tempat dapat mendengarkan lewat akun Instagram @khalidbasalamahofficial dan akun YouTube Khalid Basalamah Official.

Ustaz ini terkenal dengan dakwahnya yang tegas. Berbagai macam kitab, dalil, dan hadist yang kuat dijadikan materi ceramah. Walau ada saja yang tidak sependapat, banyak orang yang tercerahkan dengan ceramahnya.

Banyak pula artis seperti Teuku Wisnu dan Irwansyah yang tergabung dalam Kajian Musawarah belajar dari Ustaz Khalid Basalamah. Dalam ceramah yang diunggah di akun YouTube-nya, Ustaz Khalid banyak membahas tentang kitab, fikih, adab, kisah tentang perang, Nabi Muhammad SWA, dan sahabat Nabi, hukum jual-beli, serta riba. (Fairuz Fildzah)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading