Sukses

Usai Nyoblos Pemilu 2019, Gratis Masuk 14 Museum di Jakarta

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta memberikan akses masuk gratis ke beberapa museum untuk mereka yang sudah nyoblos di Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu 17 April 2019, Indonesia menggelar pemilihan umum (pemilu) dengan menggabungkan pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) secara serentak.

Sesuai Keputusan Presiden, 17 April ditetapkan sebagai hari libur demi menyukseskan Pemilu dan Pilpres 2019 ini. Kabar baiknya lagi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta memberikan akses gratis ke beberapa museum. Promosi ini akan berlaku pada Rabu (17/4/2019) mulai pukul 13.00-16.30 WIB untuk mereka yang sudah selesai nyoblos.

Hal itu diumumkan di akun Instagram 'Jakarta Tourism' yang diunggah pada 14 April 2019. Diumumkan kalau sejumlah museum dan destinasi wisata pun menggratiskan tiket masuknya bagi para pemilih. Ada sekitar 14 destinasi wisata serta museum di Jakarta yang menggratiskan tiketnya saat pesta demokrasi.

Tempat-tempat tersebut adalah Monumen Nasional (Monas), Anjungan DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Bahari, Taman Arkeologi Onrust dan Rumah si Pitung Marunda.

Khusus untuk di TMII, pengunjung harus tetap membayar tiket masuk. Setelah itu bisa masuk ke anjungan DKI Jakarta secara gratis bagi yang sudah nyoblos di Pemilu 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Usai Pencoblosan

Momentum Pemilu 2019 menjadi ajang promosi museum di Jakarta dan menggratiskan retribusi masuk sebagai apresiasi bagi para pemilih. Salah satunya adalah Museum Bahari.

Museum ini memiliki sekitar 300 koleksi kebaharian sejak zaman penjajahan Belanda. Koleksinya antara lain terdiri atas kapal pinisi, alat navigasi laut, hingga kartografi dan maket Pulau Onrust, Cipir dan Kelor.

Lalu ada Rumah Si Pitung, Cilincing, juga menggratiskan biaya restribusi masuk bagi pengunjung tanpa batasan usia. Sejumlah pertunjukan seni Betawi akan ditampilkan di lokasi tersebut.

Museum-museum dan kawasan destinasi tersebut baru buka pukul 13.00, Jadi Anda punya waktu lebh dulu untuk mengikuti proses pencoblosan di Pemilu dan Pilpres 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.