Sukses

Pilihan Warna Ruangan yang Cocok Agar Makin Betah di Rumah

Salah memilih warna bisa membuat kenyamanan di rumah terganggu. Seperti apa warna yang tepat?

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan warna ruangan sering dipandang hanya sebagai masalah estetika. Padahal, para psikolog warna percaya bahwa warna yang Anda gunakan untuk menghias rumah dapat memiliki efek mendalam pada kesejahteraan emosional Anda dan keluarga Anda.

Melansir dari laman webmd.com, Senin, 8 April 2019, jika Anda menyukai ide untuk menciptakan rumah yang sehat secara emosional, konsultan warna mengatakan Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan fungsi utama setiap ruangan. Berikut pilihan warna yang cocok menurut para konsultan dekorasi rumah dan warna.

Ruang Tamu

Warna yang cocok untuk tempat tamu adalah warna cat foyer. Nada hangat seperti merah, kuning, dan orange, cokelat, dan krem cocok untuk dijadikan warna dominan dalam ruang tamu. Warna tersebut dipercaya dapat ​​meningkatkan intensitas percakapan di dalam rumah.

"Ini adalah warna yang mendorong orang untuk duduk dan berbicara, Anda merasakan kehangatan, hubungan dengan orang lain " ujar Kate Smith, konsultan warna di Lorton, Va.

Ruang Makan

Dekorasi berwarna merah cocok dijadikan pilihan warna dalam ruang makan karena dapat merangsang makan. Selain mendorong percakapan, warna merah juga dapat membangkitkan selera tamu saat berkunjung ke rumah.

"Jika ruang makan Anda berwarna merah, orang mungkin berpikir Anda adalah koki yang lebih baik," kata Harrington.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warna untuk Dapur

Konsultan warna mengatakan bahwa jika Anda memiliki kegemaran menghabiskan waktu di dapur ketika Anda masih kecil, mungkin masuk akal untuk menciptakan kembali skema warna di dapur pada saat  dewasa Anda.

"Jika Anda tumbuh di dapur biru, putih, dan memiliki kenangan indah. Keduanya kemungkinan merupakan warna terbaik untuk Anda dan keluarga Anda," kata Smith.

Jika tidak ada skema cat tertentu yang Anda ingat, merah dan kuning bisa menjadi warna yang bagus di dapur. Pilihlah warna yang sesuai dengan pola makan Anda dan keluarga. Jika sedang menjalankan diet, konsultan warna untuk tidak menggunakan warna merah karena dapat mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat untuk bersantai, istirahat bahkan menghabiskan waktu bersama pasangan untuk yang sudah menikah. Warna-warna dingin seperti biru, hijau, dan lavender bisa menjadi pilihan yang sesuai.

Warna tersebut dianggap memiliki efek menenangkan. Semakin gelap rona, semakin jelas efeknya diyakini. "Merah cenderung meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dan merangsang aktivitas, sedangkan biru sebaliknya." kata Harrington.

3 dari 3 halaman

Warna untuk Kamar Mandi

Warna putih dan warna hangat selalu menjadi pilihan populer untuk kamar mandi, sebagian besar karena berhubungan dengan kebersihan dan kemurnian. Tetapi saat ini kamar mandi digunakan tidak hanya sebagai tempat untuk mandi, tetapi juga sebagai tempat peristirahatan pribadi untuk relaksasi dan peremajaan.

"Kebanyakan orang merasa nyaman dengan biru dan hijau, pirus (gabungan warna hijau dan biru) karena warna-warna ini memberi kesan bersih, segar, dan tenang," tambah Harrington

Ruang Latihan (Fitnes)

"Merah dan jeruk dapat membantu Anda bergerak, tapiwarna itu juga bisa membuatmu merasa panas," kata Harrington. Untuk alasan ini, biru dan hijau mungkin merupakan pilihan yang lebih untuk ruang latihan. Dipercaya warna-warna tersebut akan membuat Anda lebih bahagia. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.