Sukses

Rangkaian Menu Blasteran Indonesia, dari Nasi Bakar ala Bibimbap hingga Pasta Sambal Matah

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya makan pasta dengan sambal matah? Atau cheese stick dengan tambahan saus rendang? Ternyata kombinasi rasa lokal dengan menu internasional bisa menyatu dengan baik di atas piring.

Itulah yang menjadi konsep utama Georgia, sebuah restoran yang berada di Mal Central Park, Jakarta Barat. Sang pemilik, Mellisa Saputra Winata ingin membangkitkan makanan internasional dengan cita rasa lokal. 

Ide tersebut berawal dari anaknya terbiasa mengonsumsi makanan ala Barat sejak kecil dengan alasan praktis dibuat Hingga satu waktu, ia mengajak buah hatinya ke restoran makanan Indonesia. Karena tak familiar, mereka menolak memesan menu.

"Dulu saya masaknya Western karena saya pikir itu simpel. Cuma dikasih garlic, dikasih pasta itu udah jadi," kata perempuan yang akrab disapa Mel kepada Liputan6.com, Kamis, 21 Maret 2019.

Tak ingin sang anak kebablasan, ia mengubah menu makanan menjadi lebih Indonesia. Apalagi, ia sendiri mengaku lidahnya terbiasa dengan cita rasa lokal karena sejak kecil ibunya selalu menghidangkan makanan tersebut. Ia akhirnya meminta asisten rumah tangga rutin memasak makanan Indonesia.

"Akhirnya sekarang mbak di rumah masaknya opor, semur," akunya kepada Liputan6.com.

 

 

2 dari 2 halaman

Daftar Rekomendasi Menu

Pengalaman di rumah tersebut kemudian dilihat sebagai peluang bisnis yang baik. Perempuan lulusan tata boga itu kemudian meracik resep yang bisa diterima anak milenial agar tak terlalu kaget dengan rasa Indonesia. Ia pun menyebutnya sebagai menu blasteran.

Sederet makanan tercipta. Berikut beberapa menu yang patut dicoba:

1. Chicken Matah Linguine

Pasta linguine khas Italia dengan balutan sambal matah yang pedas ini bisa membuat Anda ketagihan. Tak lupa, ada tambahan ayam fillet goreng krispi menambah kekayaan rasa. Untuk menikmati makanan ini Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 43.084 belum termasuk pajak.

 

 

2. Green Sambal Rice

Nasi bumbu mirip nasi uduk ini memiliki konsep dimakan ala makanan asal Korea Selatan, yaitu Bibimbab. Ditempatkan di atas hot pot dan dimakan dengan cara mencampur semua lauk dengan sambal hijau.

Rasa yang pedas ditambah teri, kacang tanah, kering kentang, dan telur suwir menambah tekstur hidangan ini. Harga yang ditawarkan sebesar Rp 47.393 belum termasuk pajak.

3. Tempe Nachos Sambal Dabu Roa

Snack yang satu ini cocok untuk dimakan bersama. Keripik tempe yang diberi saus keju ala nachos ini bisa dinikmati dengan dua jenis sambal. Anda bisa memilik sambal roa yang pedasnya nendang dan sambal dabu yang bikin ketagihan. Harga yang ditawarkan restoran ini sebesar Rp 73.244 belum termasuk pajak.

4. Garlic Cheese Stick

Makanan yang satu ini terbilang unik. Terbuat dari kulit lumpia yang diisi stik keju mozarela. Diatasnya terdapat daging rendang yang rasa rempahnya sangat kuat. Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 50.840 untuk menikmati hidangan ini, tetapi belum termasuk pajak.

 

 6. Cakalang Rice

Mirip dengan menu sebelumnya, Cakalang Rice memadukan ikan cakalang dengan nasi berbumbu. Rasa khas ikan cakalang goreng bumbu berpadu dengan nasi yang gurih. Pedasnya tidak melebihi rasa Green Sambal Rice.

Cocok dinikmati pecinta makanan yang tidak suka pedas. Anda bisa menikmati makanan ini dengan merogoh kocek sebesar Rp 49.978, belum termasuk pajak. Anda bisa menikmati makanan blasteran tersebut di restoran Georgia, Sogo Central Park Mall Level 1 Men's Area. Selamat mencoba! (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anne Avantie Mencicipi Sajian Spesial Pecel Krokot
Artikel Selanjutnya
Berburu Nasi Kapau di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2019