Sukses

11 Jenis Pisang di Indonesia, Kenali Cara Mengolahnya Agar Nikmat Kala Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Pisang merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, harga yang murah, serta mudah dikreasikan untuk berbagai macam makanan. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis pisang, terdapat lebih dari 246 jenis pisang tumbuh di Indonesia.

Pisang juga menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di dunia. Di Indonesia sendiri pisang diolah menjadi macam-macam kreasi makanan seperti berbagai pisang goreng, pisang rebus, pisang coklat, dan sale.

Buah pisang mengandung potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C dan B6, kalium, magnesium. Pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas. Bahkan, seluruh bagian pisang, dari buah, kulit, daun, batang pohon sampai bunganya, bisa dikonsumsi. Tidak sedikit orang yang masih bingung memilih jenis pisang dan cara mengolahnya. Berikut jenis pisang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Pisang Unik dan Langka

1. Pisang Raja Seribu

Pisang raja seribu adalah jenis pisang yang banyak diminati pencinta pisang. Ini tak lain karena memang harum pisangnya sangat menggoda dengan rasanya yang legit. Pisang ini ukurannya standar saja dengan kulit warna hijau kala mentah dan berubah jadi kuning keemasan kala sudah masak. Pisang raja seribu ini bisa dimakan langsung dan bisa diolah menjadi aneka camilan. Umumnya banyak yang menjadikannya sale pisang atau keripik pisang. Jenis pisang ini tergolong unik dan langka karena dalam satu tandan pisang bisa berisi seribu pisang.

2. Pisang Sangga Buwana Merah

Jenis pisang yang satu ini juga bisa dibilang sangat unik. Tak lain karena tandan pisangnya terus menjulang ke atas, bukannya ke bawah. Tinggi pohon pisang sangga buwana ini adalah 200 cm. Buah pisang ini bentuknya kecil dengan warna merah hati. Sayangnya buah ini tak bisa dimakan. Umumnya hanya digunakan untuk hiasan saja. Pisang ini banyak dipakai di Bali untuk acara keagamaan.

3. Pisang Varigata

Jenis pisang ini sekilas seperti timun, namun sebenarnya ini adalah pisang. Pisang Varigata memiliki rasa yang mirip dengan pisang barlin sehingga cocok bila dihidangkan di atas meja. Begitu juga rasa kulit pisang yang enak dapat dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

4. Pisang Merah

Pisang merah, jenis pisang unik yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mecegah batu ginjal, mengurangi berat badan, meningkatkan produksi darah, dan mengatur asam lambung. Jenis pisang ini sangat unik karena warnanya yang merah dan terkesan seperti pisang mainan.

5. Pisang Genderuwo

Jenis pisang asal Yogyakarta ini sebenarnya bernama pisang potho merah. Batangnya berwarna merah gelap, buahnya pun besar dan berwarna merah kehitaman, inilah yang membuatnya dianggap genderuwo. Buah pisang ini cukup langka sehingga jarang ditemui di pasaran.

3 dari 3 halaman

Jenis Pisang di Indonesia

6. Pisang Ambon

Jenis pisang ini bibitnya asli berasal dari Indonesia. Ciri-ciri pisang ambon adalah kulitnya halus berwarna kuning atau hijau. Daging buahnya putih dengan rasa manis dan tidak berbiji. Pisang ambon cocok dimakan langsung atau sebagai bahan baku kue, seperti banana bread.

7. Pisang Cavendish

Jenis pisang ini berasal dari Amerika dan populer di Indonesia karena banyak dijual di supermarket. Pisang cavendish umumnya berukuran besar dengan daging buah yang empuk tapi padat. Makan satu buah pisang cavendish sangat mengenyangkan, cocok buat mereka yang sedang berdiet atau untuk balita. Pisang cavendish biasanya dimakan langsung atau diolah menjadi kue dan smoothies.

8. Pisang Kepok

Jenis pisang kepok yang populer dijual di pasar-pasar ini aslinya berasal dari Filipina. Ada dua jenis pisang kepok yang biasa dikonsumsi, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Biasanya, pisang kepok kuning berukuran lebih besar ketimbang pisang kepok putih. Manisnya pisang kepok bisa dinikmati dengan cara direbus, digoreng atau dijadikan keripik.

9. Pisang Mas

Salah satu jenis pisang dengan ukuran yang kecil adalah pisang mas. Kulit pisang mas berwarna kuning terang dan tipis. Aromanya sangat khas. Pisang mungil ini lebih enak dimakan langsung ketimbang diolah lagi.

10. Pisang tanduk

Jenis pisang tanduk berasal dari Sukabumi. Pisang ini ukurannya besar dan panjang, melengkung layaknya tanduk. Warna dagingnya merah kekuningan dengan rasa manis agak asam. Pisang tanduk umumnya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi pisang goreng atau direbus.

11. Pisang Uli

Jenis pisang yang cocok sebagai pisang goreng adalah pisang uli. Rasa pisang uli sangat manis. Sementara tekstur daging buahnya empuk, lembut dan terkadang cukup lembek. Ukuran pisang uli tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Selain sebagai pisang goreng, pisang uli bisa dijadikan keripik pisang dan sale pisang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini