Sukses

10 Objek Wisata Alam Jogja yang Hadirkan Keindahan, Tempat Berlibur Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Jogja kota istimewa. Jogja selalu ramai dengan wisatawan lokal maupun manca negara. Pasalnya, di Jogja banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan bikin kangen. 

Selain Jalan Malioboro dan alun-alun Selatan yang biasa dikunjungi, ternyata Jogja juga memiliki objek wisata alam yang tak kalah menarik loh. Ya, potensi wisata alam di Jogja ini tak pernah ada habisnya. Banyak sekali tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi di sini.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau berkunjung ke mana saja saat ke Jogja, kali ini Liputan6.com, Jumat (15/3/2019) telah merangkum beberapa objek wisata alam Jogja yang patut kamu kunjungi.

Jadi saat ke Jogja, tak hanya wisata dalam kota saja yang bisa dinikmati. Karena wisata alam di Jogja juga tak kalah kerennya untuk dikunjungi.

2 dari 6 halaman

Hutan mangrove dan pantai timang.

1.  Hutan Mangrove Kulon Progo

Objek wisata alam Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau. Terletak di Desa Pasir Mendit, Temon. Menjadikannya sebagai tempat wisata karena, warga setempat menyadari besarnya potensi wisata mangrove ini.

Akhirnya mereka mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk berswafoto. 

Objek wisata alam Jogja ini berada di muara Sungai Bogowonto. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta.

2. Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu dari deretan pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Sekilas memang pantai ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya. Namun hal yang menarik dari pantai ini adalah kamu bisa memacu adrenalin.

Ya, di pantai ini kamu bisa menyebrangi ganasnya ombak dengan menggunakan gondola. Ada gondola tradisional yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang.

Biasanya, gondola ini digunakan oleh para nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulay karang, bernama Pulau Panjang yang letaknya tepat di seberang pantai.

Setelah sampai di atas karang, kamu bisa melihat kumpulan nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing. Tak perlu takut dengan keamanannya. Pihak pengelola sudah rutin untuk melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola.

3 dari 6 halaman

Telaga Biru Semin dan Air Terjun Kembang Soka 

3. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin ini dijuluki sebagai Kelimutu-nya Jogja. Ya, Telaga Biru Semin ini memang memiliki warna air yang biru kehijauan. Berswafoto di sini seolah-olah kamu tak seperti sedang berada di Indonesia, loh.

Nah, kalau kamu ingin menikmati keindahan objek wisata alam Jogja yang satu ini, langsung saja datang ke Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul.

4. Air Terjun Kembang Soka

Objek wisata alam Jogja ini merupakan surge kecil yang muncul seolah seperti oasis di tengah gurun. Ya, air terjun Kembang Soka ini menghadirkan keindahan tanpa polesan.

Letaknya yang setengah tersembunyi di balik rimbunan hutan, membuatnya bagaikan surga tersembunyi.

Objek wisata alam Jogja ini dinamai Kembang Soka karena berasal dari salah satu sumber mata airnya banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Secantik bunga soka, air terjun ini memiliki keistimewaan tersendiri. Segarnya perpaduan air antara warna putih dan hijau toska nan lembut.

Buat kamu yang ingin menikmati segarnya air terjun nan asri, bisa langsung bertandang ke sini. Lokasinya terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

4 dari 6 halaman

Bukit Nglanggeran dan Tangan Raksasa Dlingo

5. Bukit Nglanggeran

Objek wisata alam Jogja satu ini perlu sedikit usaha untuk menikmati keindahan alamnya. Ya, untuk mencapai puncak, kamu harus mendaki puluhan tangga yang berkelaok-kelok dan terjal.

Namun setelah berusaha untuk mendaki bukit tersebut, akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah. Bukit Nglanggeran ini terletak di Desa Nggalanggeran, Bukit Patuk, Gunung Kidul. 

6. Tangan Raksasa Dlingo

Kalau kamu pergi ke daerah Dlingo, Bantul, di sana banyak sekali objek wisata alam Jogja yang patut dikunjungi. Selain Kebun Buah Mangunan, kamu bisa coba berkunjung ke tangan raksasa Dlingo ini.

Spot tangan raksasa ini lataknya masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Pengger Dlingo. Lokasi Hutan Pinus Pengger ini berada di bagian paling utara, tepatnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Meski demikian, masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo.

5 dari 6 halaman

Resoinangun Garden dan Kebun Bunga Matahari pantai Samas

7. Resoinangun Garden

Objek wisata alam Jogja di bagian Selatan tak hanya ada Pantai Parangtritis, loh. Tak hanya keindahan laut yang bisa kamu nikmati di bagian Selatan Jogja ini. Namun kamu juga bisa menikmati keindahan kebun bunga warna-warni yang memikat hati.

Ya, ada kebun bunga bernama Resoinangun Garden. Kebun bunga ini dirintis oleh warga Dusun Ngepet dan Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Di sini kamu bisa berswafoto di setiap spot dengan aksesoris unik yang disediakan seperti becak bunga, sepeda bunga, lampion hingga kursi dari bambu.

8. Kebun Bunga Matahari pantai Samas

Siapa bilang bunga matahari tak bisa tumbuh di tanah Jogja. Buktinya ada terdapat hamparan bunga matahari di sisi uata Pantai Samas yang terletak di Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul.

Di sini kamu bisa berswafoto di hamparan tumbuhnya bunga matahari. Lokasinya yang dekat dengan Pantai samas, memungkinkan kamu bisa lanjut bersantai setelah menikmati indahnya kebun bunga matahari ini.

6 dari 6 halaman

Plunyon Kali Kuning dan Tebing Breksi

9. Plunyon Kali Kuning

Objek wisata alam Jogja yang satu ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam favorit sebelum adanya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010.

Namun saat terjadi letuhan, lahar dingin dan panas menyebar ke seluruh area ini. Bendungan serta jembatan plunyon menjadi satu-satunya yang selamat akibat kejadian itu.

Walaupun terdapat sisa-sisa kejadian erupsi pada jembatan, namun bangunan ini masih berfungsi dengan normal dan aman. Di sini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seperti bersepeda, trekking, dan juga boleh berkemah di sini loh.

Ditemani dengan sungai yang mengalir dengan jernih, tanah yang sudah kembali menghijau, dikelilingi dengan pohon pinus, dan tentunya pemandangan pegunungan yang indah.

10.  Tebing Breksi

Objek wisata alam Jogja yang patut kamu kunjungi juga adalah Tebing Breksi. Ya, tebing ini telah terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu. Saat kamu datang ke sini, kamu akan disambut dengan suasana yang begitu purba namun menawan.

Dahulu, tebing ini merupakan kawasan pertambangan. Namun semenjak ditemukannya sisa-sisa abu vulkanik dari gunung berapi purba Nglanggeran, kawasan ini diubah menjadi situs warisan budaya. Di sini kamu bisa melihat pahatan bekas pertambangan di perbukitan kapur.

Kuliner Malam - Makan Murah Meriah di Gultik Mas Tondo
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami Tanpa Pergi ke Salon
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Kucing Persia dengan Benar, Simak Langkah-Langkahnya