Sukses

Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Bercabang Dengan Alami, Mudah dan Praktis

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi rambut kering dan bercabang selain memotongnya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut yang indah berkilau, tentu saja menjadi dambaan semua wanita. Rambut sehat bebas dari ketombe, bercabang dan masalah rambut rontok serta kering adalah impian bagi para wanita. Namun sayangnya tak semua wanita bisa memiliki rambut bak model iklan shampo.

Rambut memang dikenal sebagai mahkota para wanita. Tak heran jika rambut memiliki peran penting untuk melindungi kulit kepala dari sengatan sinar matahari. Rambut yang kerap terkena paparan sinar matahari, tentu saja akan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Masalah rambut yang kerap dialami wanita adalah rambut kering dan ujung rambut yang bercabang. Rambut yang bercabang biasanya sangat kering, rapuh dan terlihat terbelah menjadi dua pada bagian ujungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Penyebab Rambut Kering

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut kering dan bercabang. Faktor yang paling umum adalah perubahan cuaca, teknik perawatan rambut yang salah atau sering menggunakan produk rambut yang bersifat merusak.

Seperti penggunaan hairdryer atau catokan, mengikat rambut dengan model yang sama atau di tempat yang sama, sering mewarnai rambut, tidak memotong rambut yang rusak. Hal tersebut yang kerap menjadi penyebab rambut menjadi kering serta bercabang.

Banyak yang menganggap, cara mengatasi rambut kering dan bercabang adalah dengan memotongnya. Sebenarnya ada cara mengatasi rambut kering selain memotongnya. Salah satunya, kamu hanya perlu menggunakan sampo yang tepat untuk membantu merawat serta melembabkan kulit kepala dan rambutmu seperti HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo. 

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/2/2019), berikut cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang bisa kamu coba di rumah dengan mudah dan praktis.

HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo adalahsampo dengan kandungan Argan Crème⁺, ekstrak madu, minyak argan, ZPT, dan kondisioner. Formula yang terkandung di dalamnya membantu merawat kulit kepala dan menjaga kelembapannya, sehingga menjauhkan ketombe dan juga membantu rambut tumbuh sehat dan kuat.Argan, diambil dari tree of lifedi Moroko yang dikenal sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit dan rambut. Formula yang terkandung dalam HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo ini membantu mengunci kelembaban kulit kepala dan rambut, juga memperbaiki rambut kusamsehingga rambut tampak berkilau dan terasa lembut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Perawatan

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Rambut kering adalah rambut yang kekurangan kelembaban pada batang rambut. Jika mengalami masalah rambut kering, kamu bisa menggunakan cara mengatasi rambut kering di bawah ini.

1. Rawat dengan kondisioner

Cara mengatasi rambut kering yang pertama adalah rajin menggunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner dilakukan setiap habis keramas. Jika masalahmu adalah rambut kering, kondisioner adalah produk wajib yang digunakan untuk merawat rambutmu yang kering.

2. Pakai Hair Mask

Hair mask atau masker rambut menjadi cara mengatasi rambut kering yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa pilih hair mask yang mengandung madu, yogurt dan minyak zaitun agar rambut mendapatan kelembaban.

3. Hair wrap

Cara ini adalah dengan membungkus rambutmu setelah keramas dengan handuk selama 1 sampai 2 jam. Setelah itu lepaskan handuknya dan biarkan rambutmu kering dengan sendirinya.

4. Vitamin rambut

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah mengaplikasikan vitamin rambut setiap sehabis keramas. Vitamin rambut dapat memberikan efek melemaskan rambut yang kering dan kasar.

Jika kamu mengalami masalah rambut kering sekaligus bercabang, maka kamu juga harus melakukan ekstra perawatan jika tak ingin memotongnya. Perawatan untuk rambut bercabang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk pergi ke salon.

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang bisa dilakukan dengan ramuan alami yang dibuat dengan bahan yang mudah kamu dapatkan. Rambut bercabang bisa disebabkan karena polusi udara, sinar panas matahari atau styling panas serta bahan kimia pada rambut.

Untuk mengatasinya, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Shampo telur

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang pertama adalah menggunakan shampo telur yang dicampur dengan bahan alami lainnya. Kamu cukup siapkan satu ons rosemary segar, setengah liter air hangat dan telur. Seduh rosemary dengan air hangat yang kemudian diamkan dulu hingga dingin.

Kocok telur dan campur dengan air rosemary kemudian pijat pada rambut kemudian bilas. Kamu juga bisa tambahkan madu dan minyak zaitun untuk dijadikan masker rambut yang dilakukan secara rutin.

2. Pepaya

Pepaya dapat memberikan kelembaban pada rambutmu yang kering. Pepaya yang sudah ditumbuk halus, campur dengan yogurt polos. Jadikan campuran tersebut masker rambut dengan mendiamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Minyak

Ada banyak jenis minyak yang baik untuk merawat rambut. Seperti minyak jarak, minyak zaitun dan minyak almond. Caranya pijat rambutmu dengan minyak tersebut kemudian bungkus rambut dengan shower cap semalaman. Bersihkan rambut dengan shampo biasa pada keesokan harinya.

4. Madu

Perpaduan madu dan yogurt bisa menjadi cara mengatasi rambut kering dan bercabang. Cukup siapkan satu sendok madu dan satu cangkir yogurt lalu pijat rambutmu dengan campuran tersebut. Pijat selama 20 menit kemudian bilas.

Demikian cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon. Lakukan cara tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk rambut kering dan bercabang, kamu bisa hindari untuk terlalu sering mengikat atau menyisir rambutmu karena bisa membuat rambutmu rusak. Kamu juga bisa menggunakan serum atau spray pelindung panas bagi rambutmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.