Sukses

9 Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belang dalam 1 Minggu

Memiliki kulit cerah dan merata adalah idaman banyak orang, terutama kaum Hawa.

Liputan6.com, Jakarta Tangan dan kaki juga sangat berperan dalam penampilan fisik yang cantik dan menarik, sama pentingnya seperti wajah. Tetapi paparan sinar matahari dan UV dapat meningkatkan produksi pigmen melanin yang bisa membuat kulit kamu berwarna gelap.

Kulit gelap pada tangan dan kaki bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kotoran, obat, faktor lingkungan dan zat kimia, infeksi, inflamasi, dan sinar matahari menjadi hal yang paling sering menyebabkan kulit gelap.

Saat ini beberapa perusahaan produk kecantikan dan kosmetik membuat produk pencerah kulit yang banyak dijual di pasaran. Perlu diingat bahwa produk yang dijual di pasaran tidak semuanya aman.

Bahan kimia bisa saja membuat kulitmu tidak sehat. Meratakan warna kulit atau memutihkan memang tidak bisa dalam waktu sekejab, tapi kamu bisa mencoba bahan alami yang telah terbukti memutihkan kulit dan bisa mengangkat kotoran yang ada tangan dan kaki.

Berikut cara memutihkan kulit tangan dan kaki yang belang, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Mencerahkan Kulit dengan Cara Alami

1. Air beras

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki bisa dengan memanfaatkan air bekas mencuci beras. Karena beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit. Caranya:

· Saat mencuci beras, jangan buang airnya

· Biarkan air beras agar mengendap

· Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami di bagian tubuh yang belang

 

3 dari 10 halaman

2. Lemon

 

Lemon adalah jenis jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Caranya:

· Siapkan buah lemon dan peras

· Oleskan perasan lemon pada kulit belang

· Biarkan selama beberapa menit

· Bilas dengan air bersih sambil mandi

· Cara ini akan membuat kulit kamu segera menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

 

4 dari 10 halaman

3. Mentimun

Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran kulit sehingga kulit menjadi cerah dan bersih. Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar mata hitam. Caranya:

· Blender mentimun tanpa air hingga berbentuk seperti pasta

· Usapkan pada seluruh tubuh

· Diamkan selama 30 menit

· Lalu basuh dengan menggunakan air bersih sembari mandi

 

 

5 dari 10 halaman

4. Lidah buaya

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki dengan lidah buaya karena mengandung aloesin, yaitu zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap. Karena itulah mengapa lidah buaya banyak dimasukkan ke dalam komposisi dari berbagai produsen obat pencerah kulit. Maka lidah buaya pun bisa dicoba sebagai cara memutihkan kulit belang secara alami.

· Ambil gel lidah buaya

· Oleskan secara merata pada bagian yang belang

· Diamkan selama 15 menit

· Bilas dengan air bersih

 

 

6 dari 10 halaman

5. Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang tinggi. Fungsinya untuk meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan diganti sel kulit baru lebih sehat. Walaupun berbau amis, tapi ternyata banyak wanita Korea dan Jepang yang menggunakan putih telur sebagai cara memutihkan kulit belang secara alami. Caranya:

· Pisahkan putih dan kuning telur

· Putih telur dikocok hingga berbusa

· Kamu bisa menambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan

· Diamkan selama 30 menit

· Bilas dengan air hangat

· Lakukan dengan rutin setelah mandi

 

7 dari 10 halaman

6. Minyak Zaitun

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Dan juga minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan.

· Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu

· Gunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi

 

 

8 dari 10 halaman

7. Bengkoang

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki yang umum dan alami adalah dengan menggunakan bengkoang. Telah banyak produk kecantikan yang menggunakan khasiat bengkoang sebagai pemutih. Karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berperan penting untuk memutihkan dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar. Vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi. Sehingga kamu patut mempertimbangkan untuk menggunakan bengkoang sebagai cara memutihkan kulit dengan cepat. Caranya:

· Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air

· Gunakan sarinya sebagai masker lulur mandi yang alami

· Bisa juga dicampurkan dengan parutan bengkoang yang nanti berfungsi sebagai scrub

 

9 dari 10 halaman

8. Tomat

Lycopine, yaitu senyawa anti-oksidan yang ada dalam tomat telah terbukti dapat menangkal radikal bebas sehingga membuat kulit jadi cerah dan berseri. Cara memutihkan kulit dengan tomat juga dapat berfungsi sebagai tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

· Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur

· Lalu oleskan pada seluruh tubuh

· Diamkan selama 30 menit

· Lalu bilas dengan air bersih atau mandi

 

10 dari 10 halaman

9. Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat digunakan menjadi antibiotik alami yang berfungsi untuk memperlambat penuaan kulit dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Kandungan anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka. Penggunaan kentang adalah salah satu cara memutihkan kulit wajah secara alami dan cepat. Caranya:

· Tumbuk halus kentang yang telah direbus

· Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta

· Oleskan pada seluruh tubuh

· Diamkan selama 30 menit

· Bilas dengan air bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.