Sukses

Tingkatkan Layanan Sebagai Superapp, Grab Usung Semangat Partnership

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun lalu, platform transportasi online Grab telah menjadi superapp pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Hal ini bisa dilihat dari munculnya menu-menu baru di dalam aplikasinya.

Tak lagi hanya melayani jasa transportasi, Grab juga menyediakan menu-menu layanan lain yang dapat mempermudah pelanggan memenuhi kebutuhan hariannya. Sebut saja menu Food yang bisa membantu pelanggan membeli makanan, Delivery untuk jasa mengantar barang, Groceries yang dapat membantu pengguna berbelanja kebutuhan, Pulsa untuk membeli pulsa, dan Bills sebagai layanan membayar tagihan.

"Kita sudah meluncurkan superapp dari tahun lalu, sejak kita akuisisi Uber. (Sejak saat itu) kita mulai menyediakan Delivery, bill payment yaitu (layanan) pembayaran di dalam aplikasi kita, konten-konten, kemudian tempat olahraga di dalam aplikasi kita," ujar President of Indonesia, Ridzky Kramadibrata, di Empirica, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2019).

Sebagai superapp, tambahnya, Grab memiliki spirit partnership. Grab percaya bahwa mereka dapat berperan sebagai enabler untuk partner-nya karena jangkauannya yang sangat luas di Asia Tenggara. Selain itu, partner-nya juga mampu mengandalkan Grab sebagai daily superapp.  

Berbagai layanan baru yang disediakan Grab pun merupakan hasil kerja samanya dengan beberapa perusahaan lain, seperti Tokopedia, OVO, dan Kudo.

"Kita membentuk largest digital ecosystem di Indonesia. Membuat pengaplikasian aplikasi menjadi sangat mudah karena kita saling melakukan interchangeability," ucap Ridzky.

Lebih lanjut, tahun lalu Grab menjalin kerja sama dengan berbagai toko dan supermarket di Indonesia untuk layanan Grab Fresh atau Groceries. Grab juga telah melakukan partnership dengan banyak tempat makan di seluruh Indonesia untuk Grab Food. Ia mengatakan, Grab Food saat ini sudah tersedia di 178 kota di Indonesia dan 187 kota di Asia Tenggara.

Kerja sama lain, Grab juga co-branding dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Ridzky menjelaskan, pihaknya berkomitmen membuat branding Wonderful Indonesia lebih dikenal oleh pengguna Grab di Asia Tenggara.

Terbaru, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, Grab, berkolaborasi dengan layanan on-demand pertama dan terbesar di Asia, HOOQ, memberikan hiburan berkualitas bagi jutaan pengguna di Asia Tenggara. HOOQ akan terintegrasi dengan aplikasi Grab untuk menghadirkan layanan dan pengalaman menonton video streaming tanpa hambatan. Pelanggan dapat menikmati layanan video streaming dengan berbagai genre lewat segmen “Video” yang ada di dalam aplikasi Grab. Kemitraan ini menjadi salah satu langkah Grab dalam mewujudkan visi sebagai everyday superapp terkemuka di kawasan Asia.

"Buat Grab kita sangat customer focused. Kita memperhatikan apa yang disukai oleh pengguna Grab. Dari studi yang kita lakukan, ditemui bahwa mereka menyukai konten streaming online. Studi juga melihat bahwa angka peminat konten ini akan terus meningkat ke depannya. Jadi kerja sama ini sangat logis," kata Ridzky.

Sementara itu, Country Head HOOQ Indonesia, Guntur Siboro, menjelaskan bahwa dalam layanan tersebut Anda dapat menikmati beragam konten populer HOOQ yang berasal dari Indonesia, Asia, dan Hollywood. Anda juga bisa menyaksikan 19 free-to-air TV.

Contoh film yang dapat ditonton antara lain Ayat-ayat Cinta 2, Yowis Ben, Danur 2, Dear Nathan, dan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. Sementara itu, serial lokal yang bisa dinikmati ada Cek Toko Sebelah The Series, Brata, dan Keluarga Badak. Asyiknya lagi, pengguna juga dapat menonton serial TV terbaru yang tayang pada hari sama dengan penayangan di Amerika Serikat, seperti Supergirl dan The Flash.

"Banyak juga tayangan berkualitas dari Korea, India, dan Thailand. Kolaborasi ini menjadi jawaban bagi pengguna yang tidak ingin menyimpan aplikasi banyak-banyak. Cukup lewat satu aplikasi, Anda sudah bisa memesan jasa transportasi sambil menikmati video on-demand," ucap Guntur, dalam acara sama.

Saat ini, layanan tersebut sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Grab dengan kategori Platinum. Pelanggan dapat menikmati semua tayangan yang ada di HOOQ secara gratis selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, pengguna dapat mendaftar sebagai anggota dengan membayar Rp 100.000 per bulan lewat OVO.

Cara mengaksesnya pun cukup mudah. Cukup tekan menu Video di halaman depan aplikasi Grab Anda, dan seketika daftar tayangan HOOQ langsung muncul. Setelah memilih film yang hendak ditonton, segera klik 'Nonton Sekarang', film pun langsung bisa dinikmati.

Bagi Anda yang belum menjadi member Platinum, tak usah khawatir. Nantinya, layanan tersebut dapat diakses oleh semua pengguna Grab. Namun, Ridzki belum bisa memberikan kepastian tanggal.

Cobain yuk!

 

 

(Adv)

Kata Wanita: Pujian Paling Berkesan dari Suami

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Grab X HOOQ, Langkah Nyata Grab Jadi Superapp Terbesar di Asia Tenggara
Artikel Selanjutnya
Usir Rasa Bosan di Kemacetan dengan Menonton HOOQ Lewat Aplikasi Grab