Sukses

Trik Menyimpan Tomat agar Tak Cepat Membusuk

Agar menjadi kesegaran tomat dan tidak cepat membusuk, Anda harus ketahui dahulu triknya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tomat mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Di balik itu, tomat ternyata tidak bertahan jika disimpan dalam jangka waktu lama atau mudah membusuk. Namun jangan khawatir, ada trik ampuh untuk menyimpannya.

Fimela.com merangkum bahwa tomat sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas. Cara ini cukup banyak dilakukan orang-orang karena menganggap menyimpan makanan dalam kulkas akan membuat lebih awet.

Beberapa jenis makanan memang dapat lebih bertahan lama, namun ada pula yang justru cepat membusuk kalau disimpan dalam kulkas. Menyimpan tomat dalam kulkas malah akan merusak kualitas baik dari tekstur, warna, hingga rasa.

Tips lainnya adalah menyimpan tomat di suhu ruangan. Bukan tanpa alasan, tetapi karena tomat adalah tumbuhan iklim hangat. Letakkan tomat dalam wadah terbuka dan jangan lupa untuk melapisi bagian bawah dengan kertas.

Kemudian, jangan buang tangkai hijau jika ingin tomat lebih awet dan segar. Tangkai tersebut memiliki fungsi untuk memperlambat kematangan tomat dan mencegahnya agar tidak mudah busuk.

Memotong tangkai hijau tomat bakal membuat bakteri lebih mudah hingga tomat cepat membusuk. Cara terbaik lainnya adalah simpan tomat dalam keadaan terbalik. Hal ini membantu mengurangi proses oksidasi hingga tomat terlindung dari udara sekitar. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.