Sukses

Kemenpora Cabut Imbauan Menyanyi Indonesia Raya di Bioskop

Kemenpora mencabut imbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum film mulai di bioskop.

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga mencabut surat imbauan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film. Imbauan yang dirilis Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahwawi, Rabu, 30 Januari 2019 itu, sebelumnya ditujukan kepada para pengelola bioskop di seluruh Tanah Air.

"Hal (pencabutan) itu atas dasar berbagai pertimbangan dan juga karena resistensi dan kegaduhan yang sangat tinggi. Mohon maaf. Wassalamualaikum," begitu isi pesan tertulis Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto kepada media di Jakarta, Jumat (1/2/2019), dilansir Antara.

Menpora Imam Nahrawi menandatangani surat imbauan bernomor 1.30.1/MENPORA/I/2019 pada Rabu, 30 Januari 2019 mengenai aktivitas menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemutaran film. Ia beralasan imbauan itu dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta pada tanah air.

"Dengan ini, kami mengimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film," demikian isi surat imbauan itu.

Surat imbauan juga ditembuskan pada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif. "Itu hanya imbauan, boleh diikuti, boleh tidak dilakukan," ujar Gatot yang menyampaikan teknis isi surat itu kepada para pengelola bioskop di Indonesia.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi langsung menerapkan aktivitas menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film Keluarga Cemara di sebuah bioskop di Jakarta Pusat, Kamis, 31 Januari 2019. Menpora mengajak seluruh penonton, termasuk Nirina Zubir yang berperan sebagai tokoh Emak dalam film Keluarga Cemara untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Dalam waktu yang tidak lama sekitar 2,5 menit sebelum menonton, kita menyanyikan Indonesia Raya. Hal itu agar cinta kita kepada Merah Putih, cinta tanah air terus meningkat, apapun kita tetap Indonesia," kata Menpora yang ikut didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh.

Sementara, imbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di bioskop sebelum film dimulai disambut baik oleh selebritas Boy William.

"'That's good', itu untuk mengingatkan kita akan nasionalisme aja. Mau kita entertainment, mau kita lagi jalan-jalan, mau ke mal, mau nonton bioskop kita tetap Indonesia. I think it's ok, " ujar Boy usai pemutaran perdana film Laundry Show di Jakarta, Kamis malam, 31 Januari 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.