Sukses

Berapa Biaya Bagasi Lion Air dan Wings Air yang Harus Dibayar Penumpang?

Lion Air dan Wings Air menerapkan kebijakan penghapusan bagasi untuk berat 10 kilogram. Jadi, tidak ada lagi bagasi gratis di Lion Air maupun Wings Air.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan maskapai Lion Air dan Wings Air harus mengeluarkan biaya tambahan. Mulai 8 Januari 2019, Grup Lion Air mengeluarkan kebijakan penghapusan kebijakan free bagasi.

Penumpang hanya digratiskan membawa 7 kilogram bagasi. Jika bagasi melebihi berat tersebut, penumpang harus membayar biaya bagasi.

Biaya tambahan ini dikeluarkan untuk biaya bagasi dengan 10 kg Rp 360 ribu, 15 kg sebesar Rp 540 ribu, 20 kg sebesar Rp 720 ribu, 25 kg sebesar Rp 900 ribu, sedangkan 30 kg sebesar Rp 1.080.000.  Mengenai data tersebut, Corporate Communications Stategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro, tak membantah maupun mengiyakan.

"Mengenai bagasi, itu berbeda-beda menurut rute," kata Danang melalui pesan tertulis kepada Liputan6.com, Senin, 7 Januari 2019 malam.

Kebijakan baru ini sudah disampaikan manajemen masing-masing perusahaan ke seluruh agen travel. Dalam surat tersebut dinyatakan kebijakan penghapusan free baggage 10 kg berlaku untuk seluruh penerbangan domestik.

"Bagi penumpang yang membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi melalui travel agent, website Lion Air atau kantor penjualan Lion Air Group," tulis surat tersebut, yang dikutip, Jumat 4 Januari 2019.

Sementara itu, terkait biaya bagasi dikeluhkan penumpang, Yani. Lelaki berusia 48 tahun itu karena biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar.

"Saya harus mengeluarkan uang ekstra. Misalnya, kalau saya bepergian selama seminggu atau lebih, tentu saya harus bawa barang dengan berat bisa lebih 10 kilogram. Kalau hanya bepergian hanya sehari atau dua hari, saya mungkin cukup bawa tas kecil saja," kata Yani saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, kepada Liputan6.com, Senin (7/1/2019).

Menurut Yani, bagi mereka yang berkantong tebal, mungkin tak masalah dengan kebijakan tersebut. Namun, lain halnya dengan mereka yang punya uang pas-pasan, tentu jadi beban tersendiri.

"Jadi, harus berpikir cermat jika memang harus menggunakan maskapai penerbangan tersebut agar nggak mengeluarkan biaya bagasi. Selain itu, nggak perlu bawa oleh-oleh yang terlalu banyak atau bawa sekadarnya saja," tegas Yani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.