Sukses

Potret Prosesi Ijab Dhaup Ageng Pura Pakualaman

Putra sulung KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro resmi mempersunting Maya Lakshita Noorya, Sabtu (5/1/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan agung atau Dhaup Ageng Pura Pakualaman Yogyakarta telah dilaksanakan. Putra sulung KGPAA Paku Alam X resmi mempersunting Maya Lakshita Noorya. Prosesi akad nikah digelar di Masjid Besar Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (5/1/2019), pukul 07.30 WIB.

Kadipaten Pakualaman Ngayugya melalui akun Instagram resmi @kadipatenpakualaman, membagikan potret-potret saat prosesi ijab Dhaup Ageng yang berjalan lancar.

Wali pernikahan mempelai Dhaup Ageng adalah ayah Maya Lakshita Noorya, Mandiyo Priyo. Sedangkan, saksi pernikahan Kanjeng Pangeran Haryo Noto Atmojo dari pihak mempelai pria dan Ir. Haji Aryono dari pihak mempelai wanita.

Dalam potret yang diunggah pada Sabtu (5/1/2019), Kusumo Bimantoro mengenakan surjan berwarna putih bercorak daun hijau juga bunga bernuansa cream saat prosesi ijab Dhaup Ageng.

Perhelatan itu dihadiri oleh jajaran tamu kehormatan, mulai dari Presiden Jokowi Widodo (Jokowi), beberapa tokoh Daerah Istimewa Yogyakarta, kerabat Kraton Pakualaman, sampai Raja Nusantara.

Terlihat pula perwakilan kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, Kraton Surakarta, Kraton Mangkunegaran, Kraton Yogyakarta hingga kerajaan Skala Brak Lampung.

Setelah akad, ada beberapa upacara yang dijalani mempelai Dhaup Ageng. Prosesi dilanjutkan dengan Upacara Panggih Temanten, Upacara Tampa Kaya, dhahar Klimah, lan Sungkeman, dan Pahargyaan I.

Lalu, prosesi Dhaup Ageng berlanjut pada Pahargyan II di Bangsal Sewatama, Pura Pakualaman pukul 18.30-21.30 WIB pada Minggu, 6 Januari 2019. Acara diakhiri dengan Pamitan di Kagungan Dalem Parangkarsa, Pura Pakualaman, Senin, 7 Januari 2019 pukul 11.00-12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.