Sukses

Jelang Dhaup Ageng, Calon Istri Putra Sulung Paku Alam X Belajar Jadi Menantu

Salah satu yang dipelajari calon istri putra sulung Paku Alam X, Maya Lakshita Noorya, jelang Dhaup Ageng, adalah unggah-ungguh.

Jakarta - Calon istri putra sulung Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X, Maya Lakshita Noorya menjalani serangkaian prosesi menjelang menikah dengan Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro, Sabtu, 5 Januari 2019. Satu di antaranya adalah nyantri.

Ini adalah proses mempelajari adat istiadat di lingkungan Istana Puro Pakualaman sebelum akad nikah. Tim Pranata Lampah-lampah Dhaup Ageng, Mas Ngabei Citro Panambang di Kompleks Puro Pakualaman menyebut Maya yang berasal dari luar keluarga besar Pakualaman harus menjalani nyantri.

Prosesi ini dilakukan selama nyengker atau pingitan di Kepatihan Puro Pakualaman yang telah berlangsung sejak Kamis pagi, 3 Januari 2019. "Dengan nyantri dia (calon mempelai perempuan) bisa beradaptasi dengan lingkungan Pakualaman. Belajar bagaimana kehidupan di Istana Pakualaman," jelas Citro, Kamis, 3 Januari 2019, dilansir Antara.

Ia juga menambahkan bahwa selama nyantri, Maya Lakshita akan melaksanakan berbagai hal seperti unggah-ungguh serta wawasan bagaimana setelah menjadi menantu di lingkungan Puro Pakualaman.

"Mungkin ditemani kerabatnya juga, tetapi yang utama adalah didampingi orangtua dan saudara kandungnya," tambahnya.

Sedangkan calon mempelai putra, Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro juga menjalani prosesi nyangker atau pingitan. Suryo, biasa dipanggil, menjalani pingitan di tempat berbeda yatu di Gedong Ijem yang ada dalam kompleks Pura Pakualaman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Usai Akad

Menurut Citro, kedua mempelai dipingit agar keduanya dapat berkonsentrasi dan siap dipertemukan dalam akad nikah pada 5 Januari 2019. Akad akan digelar di Masjid Besar Pakualaman yang terletak di sisi barat daya Pura Pakualaman.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan rangkaian upacara panggih dan resepsi pernikahan putra wakil Gubernur DIY tersebut di Bangsal Sewatama, Puro Pakualaman.

Kusumo Bimantoro lahir di Yogyakarta, 10 April 1992. Ia menempuh pendidikan di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia akan mempersunting Maya Lakhsita Noorya yang lahir di Sleman, 27 April 1991.

Calon istri Kusumo Bimantoro ini merupakan putri dari Mandiyo Priyo dan Rini Wijayanti. Maya telah menyelesaikan pendidikan tinggi di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.