Sukses

Tips Mudah Mengetahui Tingkat Kematangan Steak

Ada tiga tingkat kematangan yang biasanya favorit para penggemar steak, medium rare hingga medium well.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pecinta steak pasti sudah tidak asing ketika istilah tingkat kematangan daging. Biasanya hal tersebut ditanyakan oleh pramusaji ketika Anda memesan steak dilengkapi dengan pilihan side dish, saus, hingga keju.

Seperti yang diketahui, tingkat kematangan steak terdapat beberapa jenis mulai dari rare, medium rare, medium, medium well, hingga well done. Ada cara mudah untuk mengetahui kadar kematangan lewat persentase.

Penjelasan ini disampaikan oleh Aditya Rian Anggoro selaku Marketing Willie Brothers dalam Media Launch gerai kedua Willie Brothers di Mall of Indonesia, Jakarta Utara.

"Kalau pakai persentase, rare itu tingkat kematangannya 0 persen, medium rare 25 persen, medium 50 persen, medium well 75 persen, well done 100 persen," jelas Aditya Rian Anggoro kepada Liputan6.com, Selasa, 18 Desember 2018.

Selain melalui persentase, Aditya juga bicara mengenai warna daging. Ia menambahkan semakin mentah daging, warnanya makin merah, sedangkan makin matang, warna daging lebih coklat.

"Dari segi keempukan, sebagai penggemar steak saya bisa bilang makin mentah, makin empuk. Semakin matang semakin keras," tambahnya.

"Kembali lagi, kenapa empuknya makin hilang saat matang karena ketika dimasak, cairannya keluar sehingga makin solid dagingnya," kata Aditya.

Sementara, Aditya memberi saran pada orang yang tidak suka daging steak yang terlalu cair. "Kalau orang yang nggak suka daging ada darahnya dan cair, well done adalah pilihannya walaupun jadi lebih keras," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.