Sukses

Keindahan Wisata Curug Tilu yang Dibuka Bupati Cianjur Sebelum Jadi Tersangka Korupsi

Liputan6.com, Jakarta – Cianjur memiliki sejumlah lokasi wisata menarik. Salah satunya Curug Tilu yan terletak di Lembah Batugede, Kampung Batugede, Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi tersebut sempat dikunjungi Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar.

"Membuka Curug 3 Sukabungah Campaka Mulya," kata Irvan Rivano Muchtar dalam akun @irm_jago akhir November 2017 lalu.

Irvan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK memastikan akan menuntut Bupati Cianjur beserta anak buahnya itu dengan hukuman maksimal lantaran diduga memotong Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Cianjur sebesar 14,5 persen dari total Rp 46,8 miliar.

Curug Tilu berair bening memiliki tiga undakan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Undakan pertama setinggi 15 meter, undakan kedua setinggi 5 meter, dan undakan ketiga setinggi 3 meter.

Untuk mencapai lokasi wisata ini terbilang cukup mudah. Dari pusat kota Cianjur dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar dua jam perjalanan.

Daerah ini terbilang sejuk, apalagi dengan hutan lindung milik Perum Perhutani KPH Cianjur dengan tanaman khas Jawa Barat, yaitu rasamala. Bagi yang suka dengan foto, Anda bisa mengabadikan pengalaman indah di lokasi ini.

Selain Curug Tilu, terdapat juga Curug Terekel. Curug ini berada di Cagar Alam Cadas Malang, Kedusunan Cadas Malang Desa Campakawarna, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur.

Curug ini berasal dari aliran Sungai Muara Tilu yang menjadi batas alam antara Desa Campakawarna Kecamatan Campakamulya dan Desa Mekarjaya Kecamatan Campaka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kata Wanita: Pujian Paling Berkesan dari Suami

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
KPK Gelar Operasi Tangkap Tangan di Cianjur
Artikel Selanjutnya
Dua Sekolah di Cianjur Hancur Diterjang Puting Beliung