Sukses

Cara Bersikap pada Calon Mertua di Pertemuan Pertama

Karena kesan pertama begitu penting, Anda tak boleh salah bersikap di depan calon mertua.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring hubungan kalian yang makin serius, keinginan untuk memperkenalkan Anda pada orangtua si dia, juga sebaliknya, pasti muncul. Karena ini tak hanya tentang kalian berdua, maka tidak boleh ada blunder di momen yang dimaksud.

Kesan pertama tentu jadi waktu yang diingat orang dalam jangka waktu lama. Kesan yang baik akan diingat, begitu pun sebaliknya. Jadi, supaya tidak membuat kesalahan, berikut sejumlah tips yang bisa Anda terapkan.

Bawa buah tangan

Tanya pada pasangan Anda, apa yang disukai orangtuanya. Buah tangan favorit ini sangat mungkin jadi jembatan awal untuk memulai perbincangan yang hangat. Bukan soal nominal, tapi ini bentuk perhatian yang bisa menimbulkan kesan baik di mata calon mertua.

Perhatikan cara Anda berbicara dan menanggapi

Karena tiap keluarga punya kultur berbeda, diskusikan dengan pasangan, bagaimana cara berkomunikasi yang dianggap santun oleh orangtuanya. Pastikan Anda memberi tanggapan yang tepat dari tiap obrolan kalian. Tentu Anda tidak ingin dianggap tidak nyambung oleh calon mertua, kan?

Berpenampilan yang sopan

Simpan dulu kaus band dan celana belel Anda di rumah. Saat bertemu calon mertua, pastikan pakaian Anda sopan. Jangan terlalu formal, jangan pula kelewat kasual. Polesan makeup juga tipis saja, tidak perlu pakai warna-warna 'berani'.

Bicara seperlunya

Tetap tenang dan bicaralah seperlunya. Biasanya, orangtua akan lebih banyak bercerita ketika didatangi anak lebih muda, terlebih lagi jika anak itu calon menantunya. Saat pertama kali bertemu calon mertua, tugas Anda adalah jadi pendengar yang baik.

Jangan pilih-pilih makanan

Apapun makanan, serta camilan yang disajikan calon mertua, jangan terlalu pemilih saat memakannya. Jangan pula mengkritiknya. Bukan soal rasa, sajian itu merupakan tanda kalau Anda diterima dan dihargai kedatangannya. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.