Sukses

Pesona Adenium Belum Tamat, Siapa Berminat?

Tanaman adenium masih menjadi buruan banyak ibu-ibu. Mereka tertarik dengan adenium berbunga.

Liputan6.com, Jakarta – Hari Menanam Pohon yang diperingati tiap 28 November terus digalakkan. Tak hanya menanam pohon, sejumlah masyarakat rupanya menjadikan tanaman sebagai peluang usaha, seperti bisnis tanaman hias.

Sampai saat ini, tanaman hias selalu diminati oleh masyarakat, tak terkecuali para kolektor. Sebut saja salah satunya adenium yang banyak ditanam masyarakat.

"Sampai sekarang adenium masih ramai dicari orang, terutama yang berbunga dengan motif dan variannya yang menarik. Biasanya ibu-ibu, banyak yang mencari adenium yang berbunga," ungkap Hermansyah, Bendahara Komunitas Adenium Tangerang (Komdeta) saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 30 November 2018.

Lelaki berusia 36 ini mengatakan sejak 2002 sudah bergelut dengan tanaman hias, terutama adenium. Untuk lebih memasyarakatkan adenium dan menjalin tali silaturahmi, ia tak jarang harus mengikuti kopi darat (kopdar) dengan anggota Komdate, termasuk juga petani adenium.

"Kegiatan tersebut rutin kita lakukan sebagai sarana untuk berbagai informasi mengenai adenium," kata lelaki yang tinggal di Karang Timur, Karang Tengah, Tangerang ini.

Berbeda dengan 2006, kata Hermansyah, saat ini terjadi pergeseran cara memasarkan adenium. Sebelumnya, pembeli langsung bisa datang ke nursery atau lapak tanaman, tapi sekarang sudah lewat media sosial, terutama Facebook dan Instagram.

"Misalnya, baru-baru ini saya mengirim pesanan adenium ke Natuna. Banyaknya pesanan yang membuat produksi adenium makin terbatas, khususnya di Tangerang," kata Hermansyah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.