Sukses

6 Tanaman Ini Bisa Tumbuh Hanya dengan Segelas Air, Coba Saja

Tanpa tanah, sejumlah tanaman ini ternyata bisa tumbuh di dalam ruangan dan menjadi hiasan unik.

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman membuat rumah terasa nyaman dan enak dipandang. Namun, tidak semua orang cukup sabar untuk merawat dekorasi hijau ini atau mau menggali tanah untuk menanamnya.

Jangan khawatir, ternyata ada jenis tanaman yang mudah ditanam hanya dengan segelas air tanpa tanah. Bahkan bisa dijadikan hiasan unik.

Berikut daftarnya, dikutip dari BrightSide, Minggu (18/11/2018).

1. Bawang Putih

Bawang putih. (iStockphoto)

Jika Anda memasukkan siung bawang putih ke dalam air, tunas hijau akan tumbuh setelah beberapa waktu. Tunas hijau ini dapat dimakan dan Anda dapat menambahkannya ke salad Anda.

2. Wortel

Ilustrasi (AFP)

Tahukah Anda jika bagian atas wortel bisa menghasilkan sayuran hijau baru dengan cepat jika Anda menempatkannya di semangkuk air dangkal.

Sayuran hijau ini dapat dimakan, jadi Anda bisa menambahkannya ke salad atau mencampurnya dengan madu. Pilih wortel segar (bukan wortel bayi) yang memiliki daun hijau di bagian atas. Potong bagian atas dari mahkota sekitar lima cm.

Lakukan langkah tersebut pada beberapa wortel.

Tempatkan bagian atas di piring cekung, tambahkan air setengah bagian agar potongan wortel bagian bawah itu terendam di air.

Letakkan cawan di ambang jendela tempat cahaya bersinar. Tambahkan air ke piring sesuai kebutuhan untuk menjaga agar bagian atas tidak mengering.

Bagian pucuk wortel akan tumbuh sekitar 1 sampai 2 minggu.

3. Daun Mint

Manfaat daun mint untuk perawatan kulit. (Sumber foto: Daniel Kampua/Bintang.com, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Mint adalah daun tambahan yang bagus untuk teh, permen, dan saus yang berbeda, dan itu sangat mudah untuk ditanam. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempatkan akarnya dalam air.

 

 

Saksikan juga video tentang tanaman berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bunga hingga Kaktus

4. Tulip

Banyak orang berpikir bahwa mereka hanya dapat menanam tulip di kebun. Namun, ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar.

Anda dapat memiliki bunga yang indah ini tumbuh di dalam rumah.

Pengontrol kualitas Laurie Hampton memeriksa bunga tulip selama Tesselaar Tulip Festival di Silvan, Dandenong Ranges, Melbourne (27/9). Pengunjung antusias melihat lebih dari satu juta warna-warni bunga, termasuk 900.000 tulip. (AFP Photo/William West)

Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan umbi tulip dalam vas dengan sedikit air. Tambahan kerikil atau bebatuan yang digunakan pada akuarium dapat mempermanis tampilannya.

Syaratnya, jangan sampai mengganggu pertumbuhan akar di dalam gelas.

Tak ada salahnya untuk memindahkan tulip yang sudah berakar di tanah kebun setelah berbunga.

5. Bambu

Selain sebagai penghias taman atau pagar rumah, Bambu Kuning dipercaya mampu menolak maling atau pencuri. Konon, kekuatannya semakin bertambah jika ditanam berdampingan dengan Tebu Ireng. (Istimewa)

Bambu tumbuh cukup cepat hanya dengan media vas sederhana dan air yang cukup. Pilihlan jenis bambu yang sesuai untuk menanamnya di dalam ruangan.

6. Succulent termasuk kaktus

tanmaan kaktus dengan bentuk paling unik

Tanaman succulent adalah tanaman yang sudah beradaptasi di lingkungan yang kering dengan menyimpan persediaan air di daun, batang ataupun pada akarnya. Tentu dalam bayangan Anda karakteristik tanaman seperti ini ada dalam kaktus, maka dari itu kaktus merupakan jenis succulent. Tapi, tidak semua succulent adalah kaktus.

Tanaman hias ini sangat populer karena mereka tidak perlu sering menyiram dan pot besar untuk tumbuh.

Metode populer lainnya untuk menumbuhkan succulent dan kaktus adalah hidroponik. Tanam kaktus dalam pot berisi kerikil, dan kemudian taruh pot ini di dalam wadah berisi air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.