Sukses

Cara Membuat Pancake Sederhana di Rumah, Lembut dan Mudah Dipraktikkan

Pancake dipercaya sudah ada sejak abad ke-14.

Liputan6.com, Jakarta Pancake adalah salah satu kudapan yang sudah sering kita temui di restoran, kafe, ataupun kedai kopi. Hidangan ini seringkali muncul sebagai menu sarapan atau kudapan jelang makan siang.

Pancake atau pannenkoek dalam bahasa Belanda adalah kue dadar yang terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, telur, gula, dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air untuk dijadikan adonan. Adonan tersebut lalu digoreng di atas wajan datar atau pan yang telah diolesi minyak. Biasanya di atas pancake ditambahkan mentega, sirup mapple, selai, atau madu. Cara membuat pancake sederhana juga bisa dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging. 

Cara membuat pancake sederhana adalah makanan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Asal usul pancake ini bahkan dipercaya sudah ada sejak masa atau Peradaban Romawi Kuno. Awalnya cara membuat pancake sederhana ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti 'makanan manis', yang dibuat dari terigu, susu, dan bumbu.

Lambat laun, pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Dan sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di wilayah ini, pancake dijadikan sebagai menu khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba. 

Cara membuat pancake sederhana ini sering dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup. Namun pada masyarakat Inggris, kudapan manis ini ternyata sering disajikan sebagai menu utama. Yah, sah-sah saja sih kalau memang makanan ini dijadikan sebagai menu utama di meja makan, karena setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menikmati atau memakan pancake ini.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, makanan-makanan tersebut juga menggunakan bahan yang sama, seperti tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatan adonannya. Yang membedakannya adalah cara pengolahannya saja. Perbedaan cara pengolahan inilah yang menghasilkan produk yang berbeda. Nilai gizi yang dikandung dalam makanan-makanan tersebut pastinya pun akan berbeda. 

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat pancake sederhana di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan dan Topping

Bahan cara membuat pancake sederhana:

- 100 gram tepung terigu

- 250 ml susu cair

- Sedikit garam

- 1 butir telur

- Secukupnya margarin untuk olesan 

Topping cara membuat pancake sederhana:

- Sirup mapple

- Es krim

- Coklat leleh

3 dari 5 halaman

Peralatan dan bahan

Peralatan cara membuat pancake sederhana:

- Wajan anti lengket atau teflon

- Wadah berbagai macam ukuran

- Gelas takar

- Kuas

Bahan-bahan:

- Susu cair masukkan ke dalam wadah terpisah.

- Tepung terigu, ayak dan masukkan dalam wadah terpisah.

- Telur pisahkan bagian kuning dan putihnya. Masukkan masing-masing ke dalam dua wadah yang terpisah.

4 dari 5 halaman

Cara membuat pancake sederhana:

1. Siapkan wadah untuk adonan pancake, masukkan tepung terigu, kuning telur dan garam.

2. Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk-aduk adonan, aduk sampai merata dan benar-benar tercampur. Jika masih ada gumpalan atau gelembung pada adonan, aduk lagi sampai menghilang.

3. Gunakan mixer untuk mengocok putih telur pada wadah yang berbeda. Setel pengatur kecepatan ke mode tinggi pada mixer.

4. Tuangkan adonan putih telur ini ke dalam adonan tepung terigu. Dengan menggunakan spatula, aduk-aduklah adonan hingga merata.

5. Siapkan teflon atau wajan anti lengket di atas kompor yang menyala dengan api kecil, lalu cairkan sedikit margarin.

6. Setelah wajan menjadi cukup panas, tuangkan kira-kira 2 1/2 sendok sayur adonan lalu tutupilah wajan dengan penutupnya.

7. Tunggu sebentar lalu baliklah adonan tersebut. Lakukan sampai matang dan berwarna kecoklatan.

8. Kemudian, angkat adonan dan letakkan di atas piring. Taruh 2 scoop ice cream di atasnya, lalu tambahkan sedikit sirup maple dan lelehan coklat.

Cara membuat pancake sederhana juga bisa lho dibuat dari buah pisang. Bahkan rasanya tak kalah enak dan lembut banget saat dimakan. Cara membuat pancake sederhana pisang ini juga nggak berbeda jauh dari cara membuat pancake sederhana.

 

5 dari 5 halaman

Bahan cara membuat pancake sederhana pisang:

Bahan:

- 1 butir telur

- 200 gram tepung terigu

- 2 buah pisang ambon atau raja (potong-potong sesuai selera)

- 25 gram gula pasir

- 200 ml susu cair

- Margarin (secukupnya)

- Garam (secukupnya) 

Cara membuat pancake sederhana pisang:

1. Campurkan tepung terigu, gula dan garam di sebuah wadah lalu aduk rata.

2. Kocok telur di wadah berbeda hingga mengembang. Jika telur sudah mengembang, masukkan susu cair dan kocok kembali.

3. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam susu cair dan telur yang sudah dikocok bersama. Aduk rata.

4. Masukkan pisang ke dalam adonan dan kembali aduk rata.

5. Panaskan teflon yang telah diberi olesan margarin dan tuangkan adonan sedikit saja kira-kira 2 sdm.

6. Masak dengan api kecil sampai pancake matang. Agar pancake tidak gosong, jangan lupa untuk membolak-balikkan pancake saat proses memasak berlangsung.

7. Pancake pisang pun sudah jadi dan siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.