Sukses

Bingung Mencari Hadiah? Ini Jawaban Menurut Psikologi

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam momen yang ingin Anda rayakan bersama orang-orang terkasih. Di balik euforia tersebut, pasti selalu ada kebingungan yang hadir ingin memberikan hadiah yang tepat sebagai ucapan selamat atau bentuk apresiasi.

Seperti dilansir dari Mindbodygreen, Selasa 6 November 2018, menurut Elizabeth Dunn seorang psikolog yang melakukan penelitian soal bagaimana uang, waktu, serta teknologi dapat membentuk emosi manusia menyampaikan kunci utama yang dapat dijadikan pegangan jikalau ingin memberi hadiah atau kado pada orang lain.

Dunn mengatakan seseorang berpikir tentang hadiah apa yang diberikan dan memikirkan hal yang disukai orang tersebut. Lalu, mereka akan berusaha berpikir layaknya orang tersebut untuk mencari barang yang disukai sebagai hadiah sehingga akhirnya tak memberikan apa yang dibutuhkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology, orang yang memberi hadiah cenderung fokus pada barang yang terbaik, bukan hal yang dibutuhkan. Penerima hadiah padahal tidak fokus pada hadiah, tetapi makna dan fungsi hadiah yang diberikan.

Lantas, bagaimana jawaban di balik kebingungan memberi hadiah yang tepat? Cari tahu apa yang mereka butuhkan saat ini.

Anda jangan ragu untuk bertanya kepada teman ataupun keluarga untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan. Langkah ini dilakukan agar hadiah dapat begitu tepat guna dan tak sia-sia.

Sudahkah Anda melakukan cara tersebut ketika akan memberikan hadiah kepada orang lain? Hadiah kadang-kadang tak hanya benda, tetapi juga dapat diwujudkan dengan perasaan yang tulus. (Febi Anindya Kirana)

Saksikan video pilihan di bawah ini: