Sukses

20 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia, Indonesia Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta - Transportasi udara merupakan salah satu perjalanan yang paling aman dan tentunya efisien. Namun, ada beragam aspek yang dapat memengaruhi kinerja sebuah maskapai penerbangan.

Salah satu contoh kecelakaan yang menimpa pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di Tanjung Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat ini membawa total 189 penumpang termasuk para awak kabin.

Berbicara soal keamanan, ada sederet maskapai penerbangan di dunia yang sudah memiliki label paling aman berdasarkan daftar tahunan yang dirilis oleh AirlineRatings 2018. Lantas, mana saja maskapai penerbangan tersebut? Yuk, simak rangkuman lengkapnya secara alfabetis seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (1/11/2018) berikut.

1. Air New Zealand

Kondisi maskapai penerbangan Selandia Baru ini telah pulih dengan baik usai gejolak keuangan di awal 2000-an. Kebangkitan ini kian terasa ketika AirlineRatings menobatkan Air New Zealand sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

2. Alaska Airlines

Maskapai penerbangan yang berbasis di Seattle ini jadi andalan di West Coast, Amerika. Maskapai ini belum mengalami kecelakaan fatal sejak 2000.

3. All Nippon Airways

All Nippon Airways didirikan pada 1954 dan sangat dihormati karena layanannya yang berkualitas. Pada 2017, All Nippon Airways keluar sebagai peringkat keenam daftar maskapai terbaik di dunia versi Skytrax.

4. British Airways

British Airways dibentuk pada 1974 usai British Overseas Airways Corporation dan British European Airways bergabung. Maskapai ini belum mengalami kecelakaan fatal dalam tiga dekade.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 4 halaman

Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

5. Cathay Pacific

AirlineRatings menobatkan Cathay Pacific menjadi satu dari 10 maskapai penerbangan terbaik di dunia. Selain memiliki pelayanan yang baik, maskapai ini juga kompeten dalam hal keselamatan penumpang.

6. Emirates

Emirates selama 20 tahun terakhir telah hadir sebagai kekuatan utama dalam dunia perjalanan udara komersial. Maskapai ini dikenal dengan layanan elit dan memiliki catatan keamanan yang luar biasa. Emirates hanya mengalami satu insiden dalam sejarah 31 tahunnya.

7. Etihad

Etihad yang berbasis di Abu Dhabi ini memiliki catatan keamanan yang mengesankan. Reputasinya berkembang cepat dalam satu dekade.

8. Eva Air

Eva Air sejak lama dianggap sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik di Asia. Maskapai asal Taiwan ini belum mengalami kecelakaan besar sejak didirikan pada 1988.

9. Finnair

Maskapai penerbangan nasional Finlandia ini berbasis di Helsinki. Finnair memiliki salah satu catatan keselamatan terbaik dan belum pernah mengalami kecelakaan besar sejak 1960-an.

3 dari 4 halaman

Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

10. Hawaiian Airlines

Hawaiian Airlines yang berbasis di Honolulu ini didirikan pada tahun 1929. Maskapai ini memiliki armada lebih dari 50 pesawat dan tidak pernah mengalami kecelakaan fatal.

11. Japan Airlines

Japan Airlines menjadi maskapai penerbangan nasional Jepang selama 60 tahun. Didirikan pada 1951, maskapai ini belum mengalami kecelakaan fatal dalam waktu lebih dari tiga dekade.

12. KLM

KLM didirikan pada 1919 dan jadi salah satu nama tertua dan paling dipercaya di industri penerbangan. Meski KLM dan Air France bergabung pada 2004, keduanya beroperasi di bawah merek terpisah. KLM belum mengalami hal yang fatal dalam hampir 40 tahun.

13. Lufthansa

Lufthansa, maskapai penerbangan asal Jerman ini beroperasi sejak 1955. Berbasis di Frankfurt, Lufthansa belum mengalami kecelakaan fatal sejak 1993.

14. Qantas

Qantas adalah perusahan yang dibangun dengan catatan keamanan yang mengesankan. Maskapai berusia 96 tahun ini tidak mengalami kecelakaan fatal sejak 1951.

15. Royal Jordanian

Royal Jordanian yang berbasis di Amman, Jordania ini didirikan pada 1963. Maskapai ini belum mengalami kecelakaan besar selama lebih dari tiga dekade.

4 dari 4 halaman

Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

16. Scandinavian Airlines

Scandinavian Airlines atau SAS didirikan pada 1964. Kerusakan fatal dari maskapai penerbangan ini terjadi terakhir pada 2001.

17. Singapore Airlines

Singapore Airlines secara universal dipuji karena layanannya yang berkualitas dan operasi yang efisien. Skytrax menobatkan Singapore Airlines sebagai maskapai terbaik kedua di dunia. Maskapai ini telah bebas dari kecelakaan sejak 2000.

18. Swiss International Air Lines

Swiss International Air Lines didirikan pada 2002. Maskapai ini menjadi bagian dari Lufthansa Group Jerman sejak 2007.

19. Virgin Atlantic

Virgin Atlantic berbasis di Inggris dan didirikan pada 1984. Maskapai penerbangan ini belum mengalami kecelakaan fatal dalam sejarah.

20. Virgin Australia

Virgin Australia didirikan pada 1999 sebagai maskapai penerbangan biaya rendah bernama Virgin Blue. Maskapai penerbangan ini belum mengalami kecelakaan fatal dalam sejarah.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menhub Minta Maskapai Bantu Pemerintah Kembangkan 5 Bali Baru