Sukses

Cara Membuat Jus Buah Naga Merah, Enak dan Menyegarkan

Variasinya cukup banyak lho.

Liputan6.com, Jakarta Buah naga atau pitaya adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah naga sendiri merupakan salah satu buah tropis yang tak cuma enak dan manis, namun kandungannya memiliki manfaat yang baik jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Paling nikmat dan mudah, mengolahnya menjadi jus segar dan jadi minuman nikmat yang kaya vitamin B serta vitamin C. 

Buah naga merah merupakan pembersih racun alami dari dalam tubuh. Selain itu dapat menurunkan tekanan darah, menyehatkan kulit, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu buah naga merah juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Harganya pun sangat murah.

Walaupun memiliki penampilan yang menggoda, tak banyak orang yang hobi mengonsumsi jus buah naga merah. Pasalnya buah dengan rasa manis asam ini memiliki rasa langu jika tidak diolah dengan benar. Padahal hal ini bisa dihindari dengan tidak mengerok daging buah naga hingga mendekati kulitnya. Daging buah naga yang paling langu berada di bagian yang paling dekat dengan kulitnya. Ditandai dengan garis berwarna merah muda yang tidak terdapat biji. 

Nah, semakin penasaran kan seperti apa rasanya buah naga merah ini jika dibuat menjadi jus? Berikut cara membuat jus buah naga merah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan dan cara membuat jus buah naga merah:

Bahan cara membuat jus buah naga merah:

- 1 buah naga merah berukuran besar (sekitar 500 gram daging buah)

- 3 botol kecil yakult (sekitar 200 ml)

- 3 butir es batu 

Cara membuat jus buah naga merah:

1. Kerok daging buah naga. Jangan dikerok sampai ke dekat kulit bagian dalam. Masukkan ke dalam blender.

2. Tuangkan tiga botol yakult ke dalam blender. Masukkan tiga butir es batu. Kemudian proses dengan blender sampai menjadi jus yang lembut.

3. Tuangkan jus ke dalam gelas dan sajikan dalam keadaan dingin. Tidak perlu disaring.

3 dari 4 halaman

Variasi pengganti yakult

Selain yakult, kamu juga bisa menggunakan berbagai bahan lain, misalnya saja:

- Susu kental manis

- Susu cair rasa stroberi/vanilla/melon kuning

- Susu full cream plain

- Yogurt encer

- Kefir

- Buttermilk (bisa dibuat dengan mencampurkan susu sapi dan air jeruk nipis)

- Es krim vanilla/stroberi

4 dari 4 halaman

Variasi resep dari buah naga merah

Dari resep dasar jus tadi, kamu bisa mengganti beberapa bahan atau menambahkan tahapan pengolahan untuk membuat panganan yang sama sekali berbeda. Berikut ini beberapa ide yang bisa kamu coba.

1. Popsicle buah naga merah.

Tuangkan jus buah naga merah ke dalam cetakan es loli. Beri stik es krim, kemudian bekukan di dalam freezer.

2. Jeli buah naga.

Saring jus, kemudian campurkan airnya dengan satu bungkus agar-agar atau jelly konnyaku. Tambahkan air dan gula pasir jika dirasa terlalu pekat. Kemudian rebus hingga berbuih. Tuangkan ke dalam cetakan puding dan diamkan hingga membeku.

3. Shorbet buah naga merah.

Hilangkan yakult dari resep. Ganti dengan gula dan air jeruk nipis. Blender, kemudian bekukan di dalam freezer sampai cukup padat tapi tidak menjadi es batu. Sajikan di dalam kulit buah naga agar lebih menarik

4. Es krim buah naga.

Ambil 150 gram daging buah naga merah. Ganti yakult dengan 200 ml heavy cream dan 5 sachet susu kental manis, tambahkan 1 sendok teh SP yang sudah ditim, kemudian kocok dengan mixer sampai lembut. Bekukan di dalam freezer, kemudian sajikan di dalam kulit buah naga.

5. Smoothie bowl.

Blender buah naga merah dan nanas yang sudah dibekukan dengan perbandingan yang sama. Sajikan di dalam mangkuk dengan taburan almond, pepita, kismis, irisan pisang, buah-buahan beri, kelapa kering, walnut, atau granola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini