Sukses

Cara Membuat Tempe Mendoan Basah & Gurih Khas Purwokerto

Kini tempe mendoan dapat ditemui di kota-kota besar Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kata mendoan berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.

Tempe mendoan memang paling nikmat disajikan dalam keadaan panas disertai dengan cabe rawit atau sambal kecap. Tempe mendoan juga dapat dijadikan sebagai lauk makan ataupun makanan ringan untuk menemani minum teh atau kopi saat santai.

Tempe mendoan mudah ditemui di warung-warung tradisional di wilayah bekas karesidenan Banyumas dan Tegal. Untuk wilayah Banyumas, para pelancong membeli oleh-oleh tempe mendoan di daerah Sawangan, Purwokerto, yang merupakan pusat jajanan khas Purwokerto, Jawa Tengah.

Rasa yang ‘unik’ membuat makanan ini menyebar hingga ke luar daerah Banyumas. Tempe Mendoan dapat ditemui di kota-kota besar Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jakarta. Di kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang, Mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung, atau di daerah lain disebut tempe kemul, di mana tempe yang berbentuk tipis itu hanya irisan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kekhasan Mendoan Purwokerto

Hal ini sedikit menimbulkan kerancuan, terutama bagi pendatang dari Jawa Tengah bagian barat. Mendoan Purwokerto berbeda dengan mendoan dari beberapa kota di wilayah Jawa Tengah, lebih terasa basah minyaknya. Makanan ini dapat dibuat tanpa memperhatikan besarnya tempe atau banyaknya tepung. Mendoan tanpa tempe atau mendoan dari bekas sisa tepung juga nikmat disantap.

Tempe mendoan, bakwan, dan gembus goreng merupakan kudapan kebanggaan yang sudah menjadi camilan kebiasaan orang Banyumas untuk teman berkumpul. Jadi kalau lagi berkumpul dengan teman, keluarga atau kerabat pasti selalu ada tempe mendoan. Kalau kata pemuda maupun orang tua warga Purwokerto Banyumas kurang lengkap kalau berkumpul tanpa mendoan.

Ciri khas tempe mendoan Banyumas adalah berukuran sedang dengan bentuk tempe yang tipis. Biasanya tempe yang khusus untuk mendoan di bungkus dalam daun jati dan daun pisang yang berisi sekitar 3-4 buah tempe. Namun di daerah lain seperti kota Cilacap ukuran mendoan lebih besar, tebal dan agak crispy. Berbeda dengan tempe mendoan khas abang-abang gorengan yang jualan di gerobak pinggir jalan. Karena tempe dan adonan terigunya sangat tipis serta di goreng sampai kering seperti keripik tempe.

Kalau tidak ada tempe khusus mendoan yang tipis, kamu bisa mengganti dengan tempe papan tebal yang di iris-iris tipis. Nah daripada beli, mending bikin sendiri yuk tempe mendoan. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018) cara membuat tempe mendoan yang dilansir dari Doyan Resep.

3 dari 6 halaman

Bahan-bahan :

- 1 sdm tepung beras atau tepung maizena

- 250 gram tepung terigu protein sedang

- 400 ml air

- 10 buah tempe mendoan Purwokerto (bisa juga menggunakan tempe biasa yang di iris tipis)

- 2 batang daun bawang (iris halus)

- Minyak secukupnya (untuk menggoreng)

4 dari 6 halaman

Bumbu Halus Mendoan (Haluskan) :

- 1 cm kencur

- 2 siung bawang putih

- 3/4 sendok teh ketumbar

- 1 sendok teh kaldu bubuk

- Garam secukupnya

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Mendoan :

1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, air, dan bumbu halus dalam satu wadah. Aduk rata.

2. Tambahkan daun bawang, aduk rata kembali.

3. Masukkan tempe ke dalamnya, balut tempe dengan adonan tepung.

4. Panaskan minyak, kemudian goreng tempe sebentar saja alias mendo / setengah kering, tak perlu sampai kering.

5. Angkat dan tiriskan sejenak.

6 dari 6 halaman

Tips dan Kunci Keberhasilan Membuat Tempe Mendoan :

1. Kalau bisa gunakan tempe khusus mendoan yang sudah siap pakai. Namun memang menemukan tempe Purwokerto ini agak susah, jadi kamu bisa gunakan tempe papan tebal yang biasa dijual di pasaran. Tujuannya agar mudah diiris tipis.

2. Agar hasil tempe mendoannya lebih renyah, tambahkan 1 sendok makan tepung beras atau tepung maizena.

3. Untuk tepungnya gunakan tepung berprotein sedang saja jangan protein tinggi nanti alot.

4. Akan lebih greget lagi jika tempe mendoannya ditambahkan dengan irisan daun bawang di dalam adonannya.

5. Resep tempe mendoan asli Banyumas memang menggunakan kencur. Namun jika tidak mau menggunakannya, penggunaan kencur bisa ditiadakan atau bisa diganti dengan sedikit kunyit jika ingin mendoan yang sedikit berwarna kekuningan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini