Sukses

6 Spot Wisata Cirebon dengan Kuliner Lezat yang Menggoyang Lidah

Pecinta kuliner pasti kangen datang ke Cirebon.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun terkesan seperti kota kecil, sebenarnya cirebon termasuk salah satu tujuan wisata yang layak dikunjungi. Daya tarik wisata Cirebon tak hanya terletak pada peninggalan sejarah dan budayanya yang besar. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Kota Udang ini ialah kekayaan kulinernya. Cirebon punya ragam kuliner yang nggak cuma lezat, tapi juga unik.

Bukan hanya dikenal dengan Nasi Jamblang-nya, Cirebon juga punya deretan kuliner yang patut dicoba. Tak hanya siang hari, saat petang hingga tengah malam pun banyak kuliner lezat yang siap memanjakan lidahmu. Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (19/10/2018), spot wisata Cirebon yang menyuguhkan kuliner khas yang menggugah selera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

Saat sedang wisata Cirebon, tujuan wisata kuliner pertama yang wajib kamu kunjungi adalah nasi jamblang ibu Nur yang terletak di jalan Cangkring II kota Cirebon. Tempat ini buka dari pukul 07.00 hingga 21.00. Sesuai namanya rumah makan ini menyuguhkan sajian utama yakni nasi jamblang. Nasi jamblang sendiri adalah menu khas daerah Cirebon yang terdiri dari nasi dan berbagai lauk seperti cumi hitam, otak sapi goreng, sate kentang, pepes telur asin dan aneka lauk lainnya yang dibungkus dengan daun jati. Ke Cirebon belum lengkap kalau belum cicip kuliner lokal yang satu ini. Saat berkunjung kesini, pastikan kamu sudah siap antri ya, pasalnya rumah makan ini selalu dipadati pengunjung.

3 dari 7 halaman

2. Restoran Klapa Manis

Restoran yang satu ini pasti akan sangat cocok dikunjungi untuk makan dengan suasana yang romantis. Pasalnya, di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan terbaik kota Cirebon dari daerah Gronggong. Jika datang pada malam hari, keindahan gemerlap cahaya dari kejauhan dan view kota Cirebon dari ketinggian akan menambah keromantisan tempat ini. Apalagi jika kamu datang dengan pasangan atau keluarga. Di Restoran Klapa Manis kamu bisa menikmati berbagai menu pilihan dari menu tradisional seperti nasi tutug dan nasi timbel serta beragam menu lainnya. Wisata Cirebon ini terletak di Jl. Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan, Beber, Cirebon.

4 dari 7 halaman

3. Empal Gentong Haji Apud

Saat berkunjung ke Cirebon, salah satu menu khas yang tidak boleh dilewatkan adalah empal. Empal gentong adalah masakan daging empuk yang dimasak dengan kuah khusus. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi makanan khas Cirebon ini adalah Empal Gentong H. Apud di Jalan Djuanda. Sajian empal gentong haji Apud juga jadi andalan wisata kuliner yang sudah terkenal seantero kota. Rumah makan legendaris yang satu ini bahkan tak pernah sepi pengunjung.

5 dari 7 halaman

4. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Jika sedang jalan-jalan malam di Cirebon sempatkan mampir ke warung Bubur Mang Kapi. Bubur nasi dengan kuah sop panas dijamin membuat tubuhmu hangat. Seusai dengan namanya, kuliner satu ini merupakan kombinasi 2 makanan, yakni sop ayam dan bubur ayam. Meski banyak kedai penjual bubur sop, namun bubur mang Kapi tetap tak terganti. Sejak dirintis di tahun 1980 hingga diteruskan oleh generasi kedua-nya, rasa dan racikan bubur sop ini masih tetap terjaga. Untuk bisa menikmati menu lezat satu ini kamu tinggal datang saja ke Jalan Tentara Pelajar Nomor 36 Cirebon. Wisata Cirebon satu ini buka dari jam 5 sore hingga tengah malam.

6 dari 7 halaman

5. Nasi Lengko

Selain nasi jamblang dan empal gentong, ada satu makanan khas Cirebon yang wajib dicoba, nasi lengko. Menu ini bisa jadi pilihan nikmat bagi vegetarian. Pasalnya tak ada daging dalam menu ini. Menu ini sungguh sederhana. Isinya nasi putih dengan potongan tempe dan tahu goreng di atasnya. Ditambah dengan taoge rebus sebagai sayurnya, cacahan mentimun dan kemudian disiram dengan bumbu kacang yang dipadukan dengan kecap manis. Salah satu spot wisata Cirebon yang terkenal lezat untuk menyantap menu tersebut adalah Nasi Lengko H. Barno. Warung makan tersebut sudah ada sejak tahun 1968. Warung H. Barno selalu dijejali pembeli. Warung makan ini buka setiap hari dari pukul 06.00-20.00. Berlokasi di Jalan Pagongan No.15B Pekiringan, Kota Cirebon.

7 dari 7 halaman

6. Docang Ibu Kapsah

Kuliner khas Cirebon lainnya yang menggugah selera adalah Docang. Docang terbuat dari lontong yang diiris-iris kecil, ditaburi parutan kelapa muda, irisan daun singkong dicampur dengan toge yang telah direbus. Kemudian disiram kuah panas yang berisi dage (sejenis oncom) yang dihancurkan, sehingga mengapung di bagian atas kuah. Sebelum disajikan, ditaburi kerupuk kecil-kecil berwarna putih, sehingga membuat rasa gurih semakin terasa di lidah.

Salah satu penjual kuliner asli Cirebon, docang yang sangat populer sampai luar kota, adalah Docang Ibu Kapsah di Jl. Siliwangi. Tepatnya, warung Docang ini ada di seberang pintu masuk Stasiun Kereta Api Kejaksan kota Cirebon. Warung Docang ini biasanya ramai diwaktu pagi hari. Karena banyak penikmat kuliner yang memilihnya sebagai menu sarapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.