Sukses

Sambal 9 Rasa yang Menggoda Selera dari Pondok Bahar

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari senang dengan sambal sebagai tambahan cita rasa saat makan, Siti Nurjanah (19), memutuskan untuk menciptakan varian sambal dengan rasa lain. Awalnya hanya beberapa varian sambal ia buat yaitu, rasa rebon, bawang, teri, dan bajak.

"Saya kemudian memberanikan diri untuk memosting sambal yang saya buat di Instagram. Ternyata, banyak orang yang berminat untuk membeli," kata perempuan yang akrab disapa Janah itu kepada Liputan6.com saat berkunjung ke kediaman orangtuanya di di Pondok Bahar, Karang Tengah, Tangerang, Banten, Selasa, 9 Oktober 2018.

Tak hanya empat varian sambal yang dipesan, tapi juga sambal dengan cita rasa yang berbeda, seperti sambal rujak, mangga muda, dan lainnya. Hingga saat ini ada sembilan varian sambal yang ia buat.

"Teri, rebon, cumi asin, jengkol, petai, bajak, bawang, rujak, mangga muda. Dari 9 rasa itu ada levelnya. Dari level 1 hinggga 3, dari rasa agak pedas, pedas, dan pedas banget," ujarnya.

Dari sembilan varian rasa tersebut, awalnya Nurjanah menganggap hanya beberapa varian rasa saja yang disukai orang. Faktanya, semua varian rasa tersebut disukai yang banyak orang. Mereka yang memesan sambal buatannya dari sejumlah daerah di Indonesia.

"Sampai saat ini pemesanannya mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Batam, Jambi, Aceh, Sulawesi, Bogor, Kalimantan," ucap Nurjanah yang hampir setahun mengembangkan produk usahanya.

Dengan percaya diri, Nurjanah berharap kelak bisa jadi pengusaha muda seperti yang lainnya. Untuk bisa mewujudkan niatnya itu, ia mengikuti beragam pelatihan untuk lebih mengembangkan usahanya itu.

"Kalau kita dengar, usaha sambal itu biasa. Tapi bagi saya, berharap dengan usaha sambal bisa jadi seorang miliuner. Ini memang usaha kecil menengah atau UKM, tapi bagi saya UKM itu usaha kecil miliarder," kata Nurjanah.

Siti Nurjanah mengatakan lewat telepon genggam bisa membuka peluang usaha dan membantu orang lain dengan hasil penjualan produknya. Salah satu seperti yang ia lakukan dengan memproduksi sambal dengan sembilan rasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini: