Sukses

5 Tips Kece Hadapi Hari Tanpa Bayangan

Saat Hari Tanpa Bayangan, suhu di luar ruang pada pukul 12.00 -14.00 WIB biasanya lebih tinggi dari hari-hari biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sadarkah Anda bila beberapa hari belakangan cuaca lebih terik dari biasanya? Menurut LAPAN, hal itu salah satu dampak dari fenomena equinox yang dikenal pula dengan nama Hari Tanpa Bayangan.

Pada Hari Tanpa Bayangan, matahari berada pada titik kulminasinya. Dan, fenomena ini hanya terjadi pada wilayah yang dilintasi gari khatulistiwa, termasuk Indonesia.

Sejumlah daerah sudah mengalaminya, termasuk Jakarta pada Selasa, 9 Oktober 2018. Beberapa daerah lain baru akan mengalami pada hari ini dan beberapa hari ke depan.

Karena suhu panas, ada sejumlah tips yang bisa diaplikasikan saat beraktivitas di luar ruang pada Hari Tanpa Bayangan. Utamanya saat Anda keluar sekitar pukul 12.00-14.00 WIB. Kapan lagi bisa berfoto tanpa bayangan saat siang terik, kan?

Dilansir dari akun Instagram @humas_jabar, tips pertama menjaga penampilan kece adalah dengan banyak minum air putih. Konsumsi air putih bisa mencegah Anda terkena dehidrasi pada suhu terik di luar ruang. Tidak mau kan pingsan di jalan hanya gara-gara malas minum?

Tips berikutnya adalah dengan memakai payung atau penutup kepala saat beraktivitas di luar ruang siang hari. Anda bisa memakai topi lebar yang biasa dibawa ke pantai agar tetap tampil gaya. Atau, pakai payung bermotif lucu agar tetap kece di luar ruang saat Hari Tanpa Bayangan.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Pakaian

Tips ketiga adalah mengenakan pakaian longgar dan berbahan yang menyerap keringat. Suhu yang tinggi biasanya akan memicu sekresi keringat yang lebih banyak. Sekarang banyak tersedia pakaian dengan bahan yang adem agar nyaman saat beraktivitas di luar ruang. 

Pakaian putih sangat disarankan untuk menyambut Hari Tanpa Bayangan. Bila baju Anda terlalu basah, bisa juga dengan menyiapkan baju ganti bila perlu agar penampilan tetap terjaga.

Tips keempat adalah rutin mengonsumsi buah dan sayuran. Kedua jenis makanan ini akan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik karena mengandung cairan dan serat. Bila hidrasi baik, kulit Anda pun bisa tetap menawan. Pasalnya, sengatan matahari sangat mungkin membuat kulit kusam dan tak lagi bercahaya.

Tips kelima adalah berdiamlah di dalam ruang, terutama pada pukul 12.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Kalau tak perlu sekali ke luar ruang, Anda lebih baik ngadem di dalam rumah atau kantor. Selama berdiam, tutuplah tirai jendela dan bukalah kembali di kala cuaca dingin.

Jadi, siapkah Anda hadapi Hari Tanpa Bayangan?

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.