Sukses

Artis-Artis yang Pilih Taaruf Menuju Halal

Liputan6.com, Jakarta - Menentukan calon pasangan hidup bukan hal mudah. Niat setia seumur hidup pada satu orang dalam pernikahan tentu harus didukung dengan pasangan yang tepat. Belakangan, proses taaruf dipilih sejumlah artis untuk memilih pasangan hidup terbaik. 

Apakah taaruf itu? Dalam Alquran Surat Al Hujurat: 13, Allah SWT berfirman, "Hai manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu)…"

Dikutip dari laman Arrahman.id, ayat itu bermakna, tujuan dari semua ciptaan Allah ialah untuk saling mengenal satu sama lain, sedangkan arti taaruf di sini adalah berkenalan, tidak hanya untuk rencana pernikahan tetapi juga untuk persaudaraan, pertemanan, dan lain-lain yang bertujuan mempererat hubungan sesama muslim.

Khusus untuk taaruf antara lawan jenis, syariat Islam mengaturnya agar tidak ada percampuran lelaki dan perempuan sebelum pernikahan. Proses taaruf itu dinilai sejumlah artis sebagai jalan terbaik untuk menuju pernikahan. Berbeda dengan pacaran yang dinilai hanya mencari kenikmatan duniawi karena mendekati zina.

Secara umum, terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin melakukan taaruf. Di antaranya membuat proposal yang berisi tentang diri sendiri dengan tidak melebih-lebihkan atau tidak berbohong.

Kedua orang yang menjalani taaruf dianjurkan untuk salat istikarah agar menambah keteguhan dalam hati. Setelah yakin, sang lelaki akan menggelar khitbah atau meminang perempuan.

Proses itu juga untuk lebih mendekatkan kedua keluarga, pihak laki-laki dan perempuan. Usai proses taaruf dilaksanakan dengan baik, mereka kemudian mempersiapkan pernikahan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

Anisa Rahma dan Anandito Dwi Sepdiawan

Salah satu artis yang memilih proses taaruf sebelum pernikahan adalah pasangan Anisa Rahma dan Anandito Dwi Sepdiawan. Sebelum ijab kabul dilaksanakan pada 16 September 2018, tak ada kabar kedekatan keduanya dan baru diketahui jelang hari bahagia mereka.

Sebelumnya, Anisa sempat mengungkapkan jika dirinya lebih memilih taaruf ketimbang berpacaran. Alasannya, taaruf dianjurkan dalam Islam. 

Anisa mengatakan, meski hanya pertemuan singkat, Anandito berani untuk mengajaknya bertaaruf. Mereka kemudian meyakinkan kedua orangtua, dan memaksimalkan proses ikhtiar bersama. Ia bersyukur, taaruf jadi cara yang terbaik untuk menyambut jodoh terindah.

 

3 dari 4 halaman

Tommy Kurniawan dan Lisya Nurahmi

Proses taaruf juga dilakukan Tommy Kurniawan dan Lisya Nurahmi. Namun, proses taaruf mereka sempat berjalan alot. Pasalnya, Lisya sempat menolak ajakan teman yang jadi perantara mereka untuk berkenalan dengan Tommy.

Tommy dan Lisya menikah pada 18 Februari 2018 lalu di Aceh. Ia berharap pernikahan keduanya itu akan langgeng setelah bercerai dari Tania Nadira pada 19 Maret 2017 lalu.

4 dari 4 halaman

Egi John dan Kamilia Yasmin

Artis lain yang juga menjalani proses taaruf adalah Egi John dengan Kamilia Yasmin. Selama tiga bulan, Egi John melanjutkan, tak melewati masa pacaran dengan perempuan bercadar itu. Ia dan Kamilia Yasmin menjalankan perkenalan melalui cara taaruf.

Selama itu, Egi John meyakini Kamilia Yasmin merupakan jodohnya. Karena itu, ia pun tak mau menyia-nyiakan waktu untuk segera melamar dan menggelar pernikahan pada 1 Juli 2017.

Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat
Loading